Kasus Covid-19 di DIY Melonjak, Sultan HB X: Kalau Gagal Ya Lockdown

Suharjono ยท Jumat, 18 Juni 2021 - 15:07:00 WIB
Kasus Covid-19 di DIY Melonjak, Sultan HB X: Kalau Gagal Ya Lockdown
Gubernur DIY Sri Sultan HB X (foto: doc/iNews)

YOGYAKARTA, iNews.id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengisyaratkan untuk melakukan penutupan total atau lockdown apabila situasi masyarakat yang sulit menjaga untuk tidak berkerumun. Wacana ini disampaikan setelah dalam sepekan belakang lonjakan kasus Covid-19 di DIY cukup tinggi.

"Kita sudah bicara, ngontrol menjaga untuk disiplin di tingkat RT/RW. Kalau gagal ya mau apalagi, ya lockdown,” kata Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta, Jumat (18/6/2021).

Sultan mengatakan, saat ini kasus Covid-19 di DIY cukup fluktuatif. Hal ini juga terjadi di sejumlah kota di Indonesia dan negara lain. Namun demikian, harus diimbangi dengan kemampuan mendisiplinkan masyarakat. 

“Kita sudah paling, di bawah kita ketati untuk menyusun kegiatan di dusun melibatkan satgas kapanewon. Kalau kapasitas rumah sakit semakin tidak mampu ya mau bagaimana lagi,” kata Sultan.

Penambahan kasus Covid-19 di DIY dalam dua hari terakhir lebih dari 1.000 kasus. Untuk itu, pada Senin(21/6/2011) mendatang akan dirapatkan kondisi rumah sakit se-DIY. Hal ini terkait dengan kondisi bed dan penambahan kasus yang masih tinggi.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2