Jadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional, UMKM Perlu Didukung Teknologi Informasi

Kuntadi ยท Jumat, 19 Maret 2021 - 22:26:00 WIB
Jadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional, UMKM Perlu Didukung Teknologi Informasi
Anggota Komisi I DPR Sukamta mendorong pemanfaatan IT bagi pelaku UMKM di Indonesia. (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id – Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi tulang punggung ekonomi di Indonesia. Mereka mampu menyediakan 99 persen lapangan kerja. Hanya saja mereka belum memanfaatkan teknologi informasi. 

Anggota Komisi I DPR Sukamta mengatakan, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta yang mampu menyediakan lapangan kerja hingga 99 persen. UMKM juga menyerap 97 persen angkatan kerja dan memberikan kontribusi pendapatan domestik bruto hingga 56-59 persen. 

“Sebagian besar UMKM itu bergerak di sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan sebanyak 49 persen dan perdagangan 29 persen. Sedangkan yang berjualan daring hanya 17,1 persen,” kata Sukamta dalam Webinar Pemanfaatan IT dalam Mendukung UMKM Berdaya Saing bekerja sama dengan Kominfo dan Bakti, Jumat (19/3/2021).

Sukamta mengatakan, keberadaan usaha mikro kecil (UMK) di DIY jumlahnya mencapai 521.011. Sekitar 98,7 persen bergerak di bidang usaha non pertanian. Sebagian besar bisang perdagangan besar dan eceran, industri pengolahan dan sektor industri minuman. 

“Keberadaan UMK ini menyerap 82,1 persen tenaga kerja non pertanian,” kata politisi PKS ini.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: