Jalan Tol Solo-Jogja-Bandara YIA Beroperasi Akhir 2025

Antara ยท Kamis, 14 Juli 2022 - 22:24:00 WIB
 Jalan Tol Solo-Jogja-Bandara YIA Beroperasi Akhir 2025
Petugas sedang membuat peta pengukuran area terdampak pembangunan jalan tol Jogja-Solo di Kadirejo II Purwomartani. (Foto : Ist)

KULONPROGO, iNews.id- Jalan bebas hambatan (jalan tol) Solo-Yogyakarta-Bandara YIA ditarget akan beroperasi pada lahir 2025 atau paling lambat awal 2026. Jalan ini akan melalui enam kecamatan/kalurahan di Kabupaten Kulonprogo.

"Pembebasan lahan kami rencanakan pada akhir tahun ini dan selesai pada akhir 2023. Kemudian dioperasionalkan pada akhir 2025 atau awal 2026," kata Direktur Teknik PT Jogja Solo Marga Makmur, Pristi Wahyono di Kulonprogo, Kamis (14/7/2022).

Pristi mengatakan pembangunan jalan tol itu termasuk proyek strategis nasional (PSN) di mana yang bertanggung jawab adalah Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga.

Wilayah yang akan dilalui jalan tol itu di Kulonprogo adalah Kapanewon Sentolo (Kalurahan Banguncipto dan Kaliagung), Kapanewon Nanggulan (Kalurahan Donomulyo), Kapanewon Pengasih (Kalurahan Pengasih, Karangsari dan Sendangsari).

Kemudian Kapanewon Wates (Kelurahan Wates), Kapanewon Temon (Kalurahan Kulur, Kaligintung, Temon Wetan, Temon Kulon, Karangwuluh, Sindutan, Kebonrejo dan Janten) serta Kapanewon Kokap (Kalurahan Hargorejo dan Hargomulyo).

Selain itu, jalan tol Solo-Bandara Internasional Yogyakarta akan dilengkapi tiga "exit tol" yang berada di Sentolo, Wates dan Bandara Internasional Yogyakarta.

"Exit tol Yang dibangun terlebih dahulu di Wates dan Bandara Internasional Yogyakarta. Sedangkan, exit tol di Sentolo karena dari kajian analisa kita trafiknya sangat kecil sehingga dibuat terakhir," kata Pristi.

Pembebasan lahan untuk pembangunan jalan bebas hambatan sepanjang 38,5 kilometer ini direncanakan mulai akhir tahun ini dan ditargetkan selesai akhir 2023.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: