Jumlah Penumpang KRL Yogya-Solo Tahun Ini Bisa Tembus 6 Juta Orang

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 19 Januari 2021 - 22:39:00 WIB
Jumlah Penumpang KRL Yogya-Solo Tahun Ini Bisa Tembus 6 Juta Orang
Tingkat keterisian atau okupansi Kereta Rel Listrik (KRL) koridor Yogyakarta-Solo pada 2021 diproyeksi bisa mencapai 6 juta penumpang. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Hasil studi kelayakan menyebut peningkatan potensi penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) koridor Yogyakarta-Solo sangat signifikan. Pada tahun ini bahkan bisa mencapai  6 juta orang.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulkifli menyebutkan bahkan, okupansi KRL Yogyakarta-Solo juga diproyeksikan naik signifikan hingga 2035. Jumlah penumpang pada tahun mendatang mencapai 29 juta orang. Kenaikan itu seiring dengan penambahan penyediaan infrastruktur atau pelayanan di koridor di dua wilayah itu kedepannya.  

"Hasil studi kelayakan pembangunan elektrifikasi Yogya-Solo didapati bahwa peningkatan potensi penumpang di koridor ini (KRL Yogya-Solo) sangat signifikan. Data tersebut menyebutkan pada 2021 sebelum kita membamgun (KRL), itu sudah diprediksi bahwa pada 2021 ini potensi penumpang hampir 6 juta. Dan di tahun 2035 nantinya akan terjadi kebangkitan baru dengan penyediaan pelayanan yang semakin tinggi," ujar Zulkifli dalam Webinar, Selasa (19/1/2021).  

 Proyeksi bahwa tingginya kenaikan penumpang Yogya-Solo mendasari Kementerian Perhubungan melalui PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI membangun proyek KRL yang menghubungkan dua Provinsi itu. Pertimbangan lain karena Yogya-Solo merupakan kawasan objek wisata. Hal ini dinilai mampu mendorong masifnya penggunaan transportasi massal.  

Kenapa KRL perlu dikembangkan di Yogya-Solo untuk memenuhi kebutuhan permintaan tadi. Koridor Yogya-Solo ini banyak dinikmati mahasiswa atau wisatawan maupun masyarakat yang sekedar berbelanja di kedua wilayah tersebut dengan tarif terjangkau," katanya.

Pemilihan KRL sebagai sarana kereta api di lintasan Yogya-Solo tidak terlepas dari adanya peningkatan kepadatan lalu lintas dalam pergerakan penumpang di wilayah aglomerasi tersebut.  KRL di koridor ini menggantikan operasi kereta api Prambanan Ekspress atau Prameks yang bergerak dengan mesin diesel sejak 1994.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2