Kaesang Effect, DIY Harus Bisa Tegaskan Sebagai The Next Wedding Destination

erfan erlin ยท Senin, 28 November 2022 - 20:41:00 WIB
Kaesang Effect, DIY Harus Bisa Tegaskan Sebagai The Next Wedding Destination
Baju Adat Dayak Prewedding Kaesang-Erina (Foto: Dok Riomotret)

YOGYAKARTA, iNews.id- Pernikahan putera Presiden Joko Widodo, Kaesang Pengarep dengan Erina Gudono yang akan dilaksanakan di DIY akan berdampak positif terhadap industri pariwisata di wilayah ini. Dinas Pariwisata meminta bersiap menyambutnya.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardja menuturkan Kaesang Effect yaitu dampak pernikahan Kaesang di DIY bagi industri pariwisata tentunya pasti ada. Dan itu harus ditangkap bersama terutama di sektor pariwisata baik itu destinasi ataupun industri. "Kalau di industri jelas. Terutama perhotel, okupansi mengalami peningkatan," kata dia, Senin (28/11/2022).

Berdasarkan informasi yang dia terima dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sudah ada peningkatan Okupansi di angka 60 hingga 80 persen untuk di seputaran lokasi pernikahan Kaesang. Dan ia berharap tidak hanya perhotelan, tetapi juga berdampak pada industri kuliner, merchandise, ekonomi kreatif, paket-paket wisata ataupun event-event yang ditentukan di seputaran tanggal pernikahan itu.

Di samping itu event pernikahan Kaesang di DIY menjadi bagian untuk meneguhkan kembali jika DIY sebagai destinasi pernikahan atau wedding destination. Karena di DIY itu tempat-tempat pernikahan cukup banyak apalagi selama Pandemi Covid-19 ada tren penyelenggaraan pernikahan di ruang terbuka.

"Ada tren pernikahan di outdoor, joglo, di ruang terbuka bahkan ada yang dilaksanakan di hutan Pinus Mangunan. Ini sangat kreatif sangar bagus menjadikan dan meneguhkan DIY sebagai destinas wedding lagi," kata dia.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: