Kapanewon Cangkringan Masuk Zona Merah, Pengungsi Merapi di Sleman Jalani Rapid Test

Priyo Setyawan ยท Jumat, 20 November 2020 - 19:00:00 WIB
Kapanewon Cangkringan Masuk Zona Merah, Pengungsi Merapi di Sleman Jalani Rapid Test
Relawan yang bertugas di barak pengungsian Glagaharjo, Cangkringan Sleman, wajib menjalani rapid test untuk mencegah penularan Covid-19. (Foto: istimewa)

SLEMAN, Inews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman akan melakukan rapid test atau tes cepat kepada para pengungsi yang tinggal di barak pengungsian Glagaharjo di Kapanewon/Kecamatan Cangkringan. Ini dilakukan setelah ada kasus positif Covid-19 di Kalurahan Argomulyo dan Wukirsari sehingga menjadikan Cangkringan masuk Zona Merah.

“Selain pengungsi, relawan dan petugas di barak juga akan di-rapid test,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo, Jumat (20/11/2020).

Joko mengatakan ada satu kasus positif Covid-19 di Desa Argomulyo dan tiga kasus di Wukirsari. Sedangkan di Kalurahan Glagaharjo, Kepuharjo dan Umbulharjo belum ada kasus Covid-19. Ketiga kalurahan tersebut masih dalam zona hijau.

Pelaksanaan rapid test akan menggunakan 2.500 rapid tes antigen bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dinas Kesehatan juga akan melakukan pemantauan kondisi kesehatan pengungsi, relawan dan petugas. Jika ada yang diketahui bergejala akan langsung dilakukan tindakan untuk mencegah penularan dan munculnya klaster baru.

Editor : Kuntadi Kuntadi