Kasus Covid-19 Melonjak, Pemda DIY Belum Berencana Usulkan PSBB

Antara ยท Rabu, 30 Juni 2021 - 06:46:00 WIB
Kasus Covid-19 Melonjak, Pemda DIY Belum Berencana Usulkan PSBB
Tim Kubur Cepat menguburkan jenazah dengan protokol Covid-19 di Badran, Yogyakarta, Selasa (22/6/2021). (Foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Kasus positif Covid-19 terus melonjak. Meski demikian, Pemda DIY memastikan belum berencana mengusulkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mengendalikan virus asal Wuhan China ini.

"Sampai hari ini pemerintah daerah belum sampai pada kesimpulan mengusulkan untuk ke PSBB," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji saat konferensi pers secara daring bersama Forum Wartawan Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (29/6/2021).

Hal itu disampaikan Baskara Aji merespons masukan sejumlah pihak, seperti Muhammadiyah Covid-19 Command Center DIY dan Forum Pengurangan Risiko Bencana DIY yang meminta Gubernur DIY segera mengambil kebijakan "rem darurat" agar kasus Covid-19 di DIY tidak semakin memburuk.

Menurut dia, Pemda DIY tidak memiliki kewenangan untuk menginjak "rem darurat" jika yang dimaksud adalah PSBB. Sebab, khusus untuk PSBB, daerah hanya dapat mengusulkan atau melaksanakan rekomendasi pusat.

"Ya tentu masukan itu jadi bahan pertimbangan pemerintah dengan serius karena memang perkembangan sudah mengkhawatirkan," ujar Aji.

Seperti yang tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 16 Tahun 2021, menurut Aji, upaya pengetatan masih akan diwujudkan dengan mengefektifkan kembali pelaksanaan PPKM Mikro yang kembali diperpanjang mulai 22 Juni sampai 5 Juli 2021.

"Jadi 'rem'-nya lebih pada mengefektifkan PPKM yang ada, bukan hanya di RT/RW tetapi juga di tingkat kabupaten/kota," kata Aji.

Menurut dia, aturan pengetatan kegiatan masyarakat pada dasarnya telah diatur secara mendetail sesuai zona risiko pada poin kesembilan dalam Ingub Nomor 16 tentang Perpanjangan PPKM Mikro.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: