Kasus Covid-19 Terkecil di DIY, Kulonprogo Waspada Klaster Lendah

Kuntadi ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 22:03 WIB
Kasus Covid-19 Terkecil di DIY, Kulonprogo Waspada Klaster Lendah
ilustrasi tenaga medis: istimewa

KULONPROGO, iNews.id – Jumlah warga yang terinfeksi virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo paling kecil dibandingkan kabupaten/kota lain di DIY. Meski begitu ancaman dan potensi penularan masih ada, karena telah memunculkan klaster Lendah dengan beberapa penderita.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati mengatakan akumulasi kasus di Kulonprogo ada 28. Rinciannya, sebanyak 20 penderita sudah dinyatakan sembuh dan tinggal 8 orang yang menjalani perawatan di rumah sakit

“Ada klaster Lendah yang telah memunculkan beberapa kasus,” kata Baning, Minggu (26/7/2020).

Baning mengatakan, Klaster Lendah ini sifatnya terlokalisir. Dari satu kasus telah menularkan kepada sejumlah warga di sekitar tempat tinggalnya. Beberapa kasus yang ada masih memiliki hubungan kekerabatan.

Awalnya kasus ini muncul dari seorang warga, pada Awal Juni lalu. Pasien mengeluhkan batuk sesak napas dan pusing dan menjalani perawatan di rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Dari hasil tes swab dinyatakan positif Covid-19.


Atas temuan ini, Dinas Kesehatan Kulonprogo langsung melakukan tracking. Dari belasan orang yang melakukan kontak erat diminta menjalani tes swab. Hasilnya ada sekitar empat orang yang positif Covid-19.

Gugus Tugas meminta masyarakat tetap waspada, karena belum aman. Setiap pekannya masih ada penambahan kasus meskipun jumlahnya dalam hitungan jari.

"Kita tetap harus waspada dan senantiasa mematuhi protokol kesd-19,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi