Kasusnya Tembus 1 Juta, Epidemiolog UGM: Covid-19 Belum Bisa Dikendalikan

Kuntadi ยท Kamis, 28 Januari 2021 - 20:00:00 WIB
Kasusnya Tembus 1 Juta, Epidemiolog UGM: Covid-19 Belum Bisa Dikendalikan
Ilustrasi virus Corona penyebab Covid-19. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id – Penyebaran Covid-19 di Indonesia belum bisa dikendalikan. Total kasus sudah mencapai satu juta, dan menjadi negara pertama di Asia Tenggara dengan kasus paling tinggi. 

“Jumlah ini menunjukkan penularan Covid-19 di Indonesia belum bisa dikendalikan. Untuk itu perlu kebijakan yang lebih serius untuk mengatasi pandemi,” kata Pakar Epidemiologi UGM, Riris Andono, Kamis (28/1/2021).

Riris mengatakan, kurva kasus Covid-19 di Indonesia belum mencapai puncaknya. Kurva ini sempat melandai, namun ketika mobilitas penduduk mulai dilonggarkan tingkat penularan pun terus meningkat. Bahkan apasitas rumah sakit tidak lagi mampu menampung pasien.

“Ini tanda kita sedang dalam periode yang menanjak tinggi, karena penularan sudah meluas di masyarakat,” ucapnya.

Pemerintah perlu melakukan pembatasan mobilitas warga yang lebih ketat. Kondisi penularan sudah begitu masif sehingga penerapan 3M (mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak) tidak lagi cukup. Begitu juga dengan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa Bali juga tidak efektif.  

Riris melihat pengurang jam operasional pusat perbelanjaan sampai pukul 19.00 WIB juga kurang efektif. Pembatasan ini tidak banyak berpengaruh pada jumlah pengunjung.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: