Kehilangan Pekerjaan, Puluhan Pendorong Gerobak PKL Malioboro Mengadu ke Pemkot Yogya

Antara ยท Senin, 07 Februari 2022 - 19:48:00 WIB
 Kehilangan Pekerjaan, Puluhan Pendorong Gerobak PKL Malioboro Mengadu ke Pemkot Yogya
Sejumlah pendorong gerobak PKL di kawasan Malioboro mengadukan nasibnya ke Pemerintah Kota Yogyakarta dan berharap dapat difasilitasi lapak agar tetap mendapat pendapatan, Senin (7/2/2022). (foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Puluhan pendorong gerobak pedagang kali lima (PKL) di kawasan  Malioboro mengadukan nasib  ke Pemerintah Kota Yogyakarta. Mereka tidak lagi memiliki pekerjaan usai PKL direlokasi di Teras Malioboro 1 dan 2.

Ketua Paguyuban Pendorong Gerobak Malioboro, Kuwat Suparjono berharap Pemkot Yogyakarta bisa mencarikan solusi bagi mereka.

"Kami datang untuk menyampaikan harapan agar pemerintah daerah bisa mencarikan solusi sehingga kami tidak kehilangan penghasilan. Selama belasan bahkan puluhan tahun, kami benar-benar mengandalkan pendapatan dari mendorong gerobak PKL Malioboro," kata Kuwat Suparjono di Yogyakarta, Senin (6/2/2022).

Menurut Kuwat, penataan pedagang kaki lima (PKL) Malioboro yang dilakukan dalam waktu cepat membuat 54 anggota paguyuban tersebut tidak sempat mencari pekerjaan lain di luar pekerjaan mendorong gerobak.

Saat ini, kata Kuwat, anggota paguyuban masih bisa mencari pekerjaan di Teras Malioboro 2 dengan membantu pedagang kaki lima untuk memasukkan barang dagangan ke lokasi penataan atau sekadar membantu PKL membeli makanan. "Kadang sehari dapat Rp20.000 atau Rp50.000. Tidak pasti, tetapi kami tetap syukuri," katanya.

Namun demikian, pekerjaan tersebut dimungkinkan akan hilang jika seluruh dagangan PKL sudah tertata dengan baik.

Oleh karenanya, Kuwat dan puluhan pendorong gerobak lain berharap agar pemerintah daerah bisa memfasilitasi mereka dengan lapak untuk berjualan di Teras Malioboro 1 atau 2 jika masih memungkinkan.

"Atau, pekerjaan lain yang bisa kami kerjaan. Yang penting kami tidak dilupakan," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: