Kembali ke Yogyakarta, Mahasiswa Wajib Kantongi Surat Bebas Covid-19

Heru Trijoko ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 10:20:00 WIB
Kembali ke Yogyakarta, Mahasiswa Wajib Kantongi Surat Bebas Covid-19
ilustrasi

SLEMAN, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mewajibkan mahasiswa asal luar daerah yang hendak kembali ke Yogyakarta, untuk membawa surat bebas Covid-19. Aturan ini juga berlaku bagi calon mahasiswa baru, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

“Jadi dalam rangka upaya pemutusan rantai penularan, semua orang yang masuk wilayah Sleman termasuk para mahasiswa yg selama ini libur atau calon mahasiswa baru, kita syaratkan membawa surat keterangan bebas Covid-19. Minimal dengan hasil rapid test nonreaktif atau negatif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo, Kamis (28/5/2020).

Dinas Kesehatan, saat ini masih berkoordinasi dengan perguruan tinggi yang ada di Sleman. Khususnya dengan kampus yang memiliki ribuan mahasiswa. Hampir semua kampus besar terletak di Sleman.

Meski begitu, aturan tersebut tidak akan berjalan seketat yang dilaksanakan di DKI Jakarta. Mahasiswa cukup melampirkan hasil rapid test nonreaktif dan diserahkan ke kampus. Selebihnya pihak kampus yang akan berkoordinasi dengan Pemkab Sleman.

Kondisi Covid-19 di Sleman sudah cukup terkendali. Saat ini dinas terus melakukan pencarian kasus baru. Salah satunya mengantisipasi pendatang dari zona merah.

“Jangan sampai terjadi pendatang yg ingin lanjutkan pendidikan di Sleman membawa virus,” ujarnya.

Meski ada pengetatan bagi pendatang, Pemkab Sleman tidak akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).


Editor : Kuntadi Kuntadi