Kemendikbudristek: UGM Terus Jaga Kualitas dan Jadi Panutan Perguruan Tinggi Lainnya

Antara ยท Kamis, 09 Juni 2022 - 07:46:00 WIB
Kemendikbudristek: UGM Terus Jaga Kualitas dan Jadi Panutan Perguruan Tinggi Lainnya
UGM diharapkan terus konsisten menjadi panutan perguruan tinggi di Indonesia. (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Universitas Gadjah Mada (UGM) diharapkan terus konsisten menjadi panutan perguruan tinggi di Indonesia dalam menjaga kualitas pendidikan tinggi. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Prof Nizam.

"Kami mengharapkan banyak hal dari UGM. Sebagai perguruan tinggi tertua di Indonesia, UGM diharapkan bisa terus menjaga dari sisi kualitas dan menjadi panutan bagi perguruan tinggi lainnya," kata Nizam saat kunjungan Kerja di UGM Yogyakarta, Rabu (8/6/2022).

Prof Nizam menambahkan saat ini dunia mengalami transformasi besar, termasuk dunia pendidikan tinggi yang akan berdampak pada serapan lulusan pada dunia kerja, usaha dan industri.

Saat ini jumlah lulusan yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan ketersediaan lapangan pekerjaan.

"Lapangan pekerjaan yang tersedia setiap tahunnya berkisar 300-400 ribu. Sementara lulusan perguruan tinggi setiap tahunnya sekitar 1,2 juta," ucap dia.

Menurutnya, ada beragam faktor yang menyebabkan terbatasnya lapangan kerja, salah satunya karena disrupsi teknologi yang telah membuat banyak lapangan kerja hilang, tetapi juga membuka peluang lapangan kerja yang baru di masa depan.

Kondisi tersebut, menurut dia, menjadi tantangan dalam transformasi pendidikan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: