Kemenkeu Tawarkan Pembiayaan UMi bagi Pelaku Parekraf di Zona Otorita Borobudur

Kuntadi ยท Senin, 15 November 2021 - 16:40:00 WIB
Kemenkeu Tawarkan Pembiayaan UMi bagi Pelaku Parekraf di Zona Otorita Borobudur
BLU PIP dan BPOB sepakat melakukan kerja sama dalam pengembangan pelaku parekraf. (Foto: istimewa)

Direktur Utama BLU-PIP, Ririn Kadariyah mengatakan, melalui sosialiasi ini diharapkan pelaku usaha parekraf akan memperoleh informasi mengenai alternatif sumber pembiayaan untuk pengembangan usaha. 

“Program ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan pembiayaan usaha,” katanya. 

Direktur Utama BLU-BPOB Indah Juanita mengatakan, sinergitas program ini untuk memberikan kesempatan kepada pengusaha mikro sektor parekraf agar dapat meningkatkan kapasitas usaha dan menjadi bagian dari rantai pasokan kawasan wisata. Tahun 2022 BLU BPOB akan mulai melaksanakan pembangunan infrastruktur dan amenitas, yang di dalamnya terdapat area UMKM seluas 2,1 hektare yang dapat dimanfaatkan sebagai showcase oleh pelaku usaha mikro di sekitar.

Pinjaman UMi  disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dengan besaran plafon maksimal Rp20 juta dan jangka waktu pengembalian maksimal 3 tahun. Sejak digulirkan 2017, pinjaman ini sudah menjangkau 5 juta pelaku usaha ultra mikro dengan nilai penyaluran lebih dari Rp 16 triliun. Sedangkan realisasi penyaluran selama tahun 2021, telah melayani 1,8 juta orang atau telah mencapai target sebanyak 1,8 juta debitur.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: