Keren, Siswi Madrasah di Boyolali Ini Ciptakan Robot Pendeteksi Suhu Tubuh

Tata Rahmanta ยท Rabu, 15 September 2021 - 08:44:00 WIB
Keren, Siswi Madrasah di Boyolali Ini Ciptakan Robot Pendeteksi Suhu Tubuh
Siswi kelas 6 MIM Boyolali didampingi guru pembina menunjukkan cara kerja robot Coffe One. (iNews/Tata Rahmanta)

BOYOLALI, iNews.id - Keren, dua siswi kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah  (MIM ) Boyolali berhasil menciptakan robot kayu pendeteksi suhu tubuh. Robot kreasi keduanya ini juga dengan alat pensteril dan ATM masker.

Dua siswi hebat ini adalah Azzliana Al Thafunnisa dan Roizah Tri Solikhah. Robot ini dirangkai menggunakan kayu dan sejumlah komponen elektronik sederhana.  Meski begitu robot cofee one (covid fighter three in one) mampu mendeteksi suhu tubuh dengan suara goggle assistant.
 
Kerennya lagi robot tersebut juga dilengkapi dengan alat pensteril berupa uap disinfektan dan ATM masker. Cara kerja robot tersebut yakni  ketika ada seseorang yang mendekat pada sensor suhu, maka sensor suhu akan mengecek suhu tubuh secara otomatis.

Kemudian arduino memerintahkan dff player untuk mengucapkan suhu secara realtime. Setelah lolos suhu robot akan mensterilkan tubuh dengan asap yang dibuat oleh mistmaker.
 
Selain itu, robot juga dilengkapi dengan ATM masker yang akan mengeluarkan masker untuk dipakai seseorang yang tidak memakai masker atau mengganti masker dengan masker yang baru.
 
Sementara,  untuk membuat robot Cofee One, siswa dibantu guru pembina yang membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu dengan biaya kurang lebih Rp1 juta.

“Ini membuat robot Cofee One atau Covid fighter three in one yaitu robot pengecek suhu tubuh secara otomatis, mensteril badan dan ATM masker,” kata Azzliana, Selasa (14/9/2021).

“Ide membuat robot dari kita sendiri, satu tim dua orang. Pembuatan robot dikerjakan tiga hari dengan dibantu pembina. Harapannya kita bisa membanggakan orang tua dan sekolah,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2