Kesaktian Eyang Bintulu Aji, Tokoh Perawat Kelapa Gagak Emprit

Suharjono, Sindonews · Minggu, 22 Agustus 2021 - 10:04:00 WIB
Kesaktian Eyang Bintulu Aji, Tokoh Perawat Kelapa Gagak Emprit
Makam dan petilasan Eyang Bintulu Aji di Dusun Jamburejo, Kalurahan Sodo, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, DIY. (Foto/Ist)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Nama Bintulu Aji begitu kuat menjadi bagian dari sejarah wahyu Keraton Mataram. Dia merupakan tokoh yang merawat kelapa gagak emprit hingga hanya berbuah satu butir saja.

Keanehan dan juga keyakinan mengenai wahyu Kerajaan di Jawa juga diterimanya melalui bisikan gaib. Eyang Bintuluyang dengan tekun merawat kelapa memanggil Ki Ageng Giring untuk segera memetik kelapa tersebut jarena memancarkan sinar berwarna putih yang cukup kuat.

Makam Eyang Bintulu Aji dan juga petilasannya terletak di Dusun Jamburejo, Kalurahan Sodo, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul. Lokasi ini berada sekitar 1 km sisi timur makam Ki Ageng Giring.

"Eyang Bintulu Aji adalah tokoh besar yang menjaga wahyu gagak emprit," tutur Wir Ngatiman, salah satu sesepuh di Kalurahan Sodo, Paliyan.

Menurutnya, Eyang Bintulu Aji merupakan salah satu bangsawan asal Majapahit yang ikut pelarian Brawijaya V dan tiba di Gunungkidul. Kemudian Eyang Bintulu Aji memeluk Islam.

Dia menjadi tokoh yang dipercaya untuk menjaga wahyu gagak emprit yang sebelumnya sudah diperkirakan oleh para bangsawan Majapahit yang melarikan diri di Gunungkidul. Sebagai pamomong, Eyang Bintulu Aji juga tinggal tidak jauh dari rumah Ki Ageng Giring.

"Beliau sangat khusuk beribadah dan seringkali menjalankan salat di atas lempengan batu di sudut rumahnya," ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: