6 Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW yang Penuh Rahmat

Kastolani · Senin, 26 September 2022 - 16:55:00 WIB
6 Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW yang Penuh Rahmat
Keutamaan Rabiul Awal Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Keutamaan Bulan Rabiul Awal, salah satu bulan mulia bagi umat Islam yang penuh keistimewaan. Sesuai kalender Islam, 1 Rabiul Awal 1444 H jatuh pada Selasa, 27 September 2022. Sedangkan perayaan Maulid Nabi yang merupakan hari kelahiran manusia mulia Nabi Muhammad SAW jatuh pada 8 Oktober 2022.

Keutamaan Bulan Rabiul Awal

Sesuai namanya, Rabi’ [ربيع [yang berarti musim semi, bulan ini dinamakan demikian karena memang itu yang terjadi. Dalam masyarakat Arab, Rabiul Awal adalah bulan di mana mereka menetap di rumahnya masing-masing. Al-irtiba' jamak dari Rabiul artinya tinggal di keramaian daerah tempat tinggal. 

Dalam kalender Hijriah, Rabiul awal merupakan bulan ketiga dan menjadi salah satu bulan teristimewa karena di bulan itu tepatnya tanggal 12 Rabiul Awal, Nabi Muhammad SAW, manusia agung pembawa risalah seluruh alam dilahirkan.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abi Qatadah disebutkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ الِاثْنَيْنِ فَقَالَ فِيهِ وُلِدْتُ وَفِيهِ أُنْزِلَ عَلَيَّ

Artinya: Dari Abu Qatadah Al Anshari radliallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, maka beliau pun menjawab: "Di hari itulah saya dilahirkan, dan pada hari itu pula, wahyu diturunkan atasku." (HR. Muslim) [No. 1162 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

Berikut 6 Keutamaan Bulan Rabiul Awal

1. Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Keutamaan Bulan Rabiul Awal pertama yang paling masyhur yakni bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW tepatnya tanggal 12 Rabiul Awal, pada malam Senin tahun 53 sebelum Hijrah.  Nabi SAW dilahirkan 53 tahun sebelum terjadinya hijrah nabi dari Makkah ke Madinah.

Para ulama mengatakan kelahiran Nabi Muhammad SAW bertepatan pada Tahun Gajah (570 Masehi). Ibn Abbas mengatakan ia dilahirkan pada Tahun Gajah itu. Yang lain berpendapat kelahirannya itu 15 tahun sebelum peristiwa gajah.

2. Bulan Wafatnya Nabi SAW

Keutamaan Bulan Rabiul Awal berikutnya yakni selain bulan kelahiran, juga bulan wafatnya Rasulullah SAW. Disebutkan bahwa  tahun wafat Rasulullah SAW adalah pada bulan Juni tahun 632 M. Hari itu bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijrah. Ini adalah versi yang paling populer dari sejarah angka tahun wafatnya Nabi SAW.

3. Bulan Shalawat

Bulan Rabiul awal identik dengan perayaan Maulid Nabi SAW. Perayaan itu sudah ada dan telah lama dilakukan oleh umat Islam. Benihnya sudah ditanam sendiri oleh Rasulullah SAW.

Pembacaan shalawat, barzanji dan pengajian­-pengajian yang mengisahkan sejarah Nabi SAW menghiasi hari-hari bulan itu.

Oleh karena itu, membaca sholawat untuk Nabi Muhammad SAW dimaksudkan untuk mendoakan dan memohon berkah dari Allah SWT untuk keselamatan dan kesejahteraan.
 
Di Indonesia, sebagian besar masyarakat Muslim membaca shalawat, barzanji dan pengajian­-pengajian yang mengisahkan sejarah Nabi SAW tiap memasuki Rabiul Awal. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: