Kisah Prajurit Kopassus, Sempat Dikepung dan Ditodong Tombak di Pedalaman Papua

Riezky Maulana ยท Kamis, 18 November 2021 - 09:15:00 WIB
 Kisah Prajurit Kopassus, Sempat Dikepung dan Ditodong Tombak di Pedalaman Papua
Pasukan Kopassus saat melakukan operasi di belantara hutan. (Foto ilustrasi : Ist)

Sintong segera melakukannya setelah teringat pesan Pangdam bahwa operasi kali ini merupakan operasi kemanusiaan dan bukan operasi perang. Dia pun membuka tangan sambil tersenyum.

Melihat tindakan Sintong itu, salah satu penduduk yang sudah berumur berjalan dan menaruh sesuatu di atas kepala Sintong. Ternyata itu merupakan daging babi hutan mentah.

Tak berpikir panjang, Sintong menerima pemberian itu dan langsung memakannya. Lama-lama dirinya melihat penduduk setempat tidak lagi berteriak marah dan terlihat lega. Bahkan ada satu penduduk yang diam-diam mendekatinya dan menyentuhnya, seakan tidak percaya ada yang turun dari pesawat yang saat itu dikenal masyarakat pedalaman sebagai burung.

Apa yang dilakukan Sintong juga diterapkan Tim Lembah X lainnya hingga kehadiran mereka diterima dengan tangan terbuka. Cukup lama mereka berada di sana walaupun komunikasi sepenuhnya dilakukan dengan bahasa isyarat.

Di sana personel TNI turut mengamati, mengenalkan peradaban serta mengajarkan masyarakat bercocok tanam. Setiap hari dilakukan komunikasi dengan Kodam Cendrawasih yang kemudian rutin memasok keperluan logistik.

Editor : Ainun Najib

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: