Kisah Sukses, Jual Mobil Keluarga Pria di Purworejo Sukses Budidaya Kelengkeng

Joe Hartoyo ยท Jumat, 24 Desember 2021 - 21:06:00 WIB
Kisah Sukses, Jual Mobil Keluarga Pria di Purworejo Sukses Budidaya Kelengkeng
Suroso warga Purworejo menunjukkan buah kelengkeng di kebunnya. (Foto: iNews.id/Joe Hartoyo)

PURWOREJO, iNews.id – Seorang warga Purworejo, Jawa Tengah, Suroso (59) sukses membudidayakan tanaman kelengkeng jenis new kristal. Warga Dusun Mutihan, Desa Watukuro, Kecamatan Purwodadi, ini telah menanam 105 batang pohon kelengkeng dan 85 di antaranya sudah berbuah. 

Usaha budidaya tanaman kelengkeng ini sudah dilakoni Suroso sekitar tiga tahun lalu. Dia terpaksa menjual mobil Toyota Avansa untuk membeli lahan seluas 3.000 meter yang berada di belakang rumahnya. Lahan ini kemudian ditamai bibit kelengkeng yang sekarang sudah mulai berbuah.  

“Saya jual mobil dan belikan lahan. Sisanya saya belikan bibit kelengkeng di Magelang,” katanya. 

Sejak ditanam, pohon yang ada sebenarnya sudah dua kali berbuah. Hanya pada panenan pertama hanya mendapatkan sekitar dua kuintal. Sedangkan tahun ini panen raya dan sangat banyak. Satu pohon diperkirakan bisa mencapai 25 kilogram bahkan lebih. 

Untuk merawat tanaman ini, Suroso hanya menggunakan pupuk organik dari kompos. Dia sengaja menghindari pupuk kimiawi, agar kualitas buah lebih terjaga. Buah kelengkeng di kebunnya laku dijual dengan harga Rp40 ribu dengan cara dititipkan kepada pedagang buah di sekitar Bandara YIA.

“Saya ingin kebun saya menjadi tempat wisata petik buah kelengkeng apalagi jarak dengan Bandara YIA sangat dekat,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: