Klaster Pelaku Perjalanan Dominasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Banguntapan

Antara ยท Kamis, 17 Juni 2021 - 18:22:00 WIB
 Klaster Pelaku Perjalanan Dominasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Banguntapan
Warga Bantul menjalani tes swab PCR. (Foto: iNews.id/Trisna Purwoko)

BANTUL, iNews.id- Lonjakan kasus konfirmasi positif terpapar Covid-19 di  Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul didominasi dari klaster pelaku perjalanan. Saat ini sebanyak 300 warga Banguntapan tercatat sedang isolasi.

Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Banguntapan, Fauzan Muarifin dalam pernyataan resminya mengatakan untuk pertama kalinya bahwa pasien positif Covid-19 di Banguntapan yang isolasi per 16 Juni tembus sebanyak 300 orang, setelah bertambah 35 kasus baru dalam sehari.

"Ini tidak boleh kita biarkan, harus kita atasi bersama-sama agar pasien positif bisa nol. Banyak klaster yang menjadi penyebabnya, yang paling dominan akhir-akhir ini adalah dari pelaku perjalanan antardaerah yang kemudian menyebar ke keluarga atau lingkungan sekitar dengan jumlah variatif," katanya Kamis (17/6/2021).

Bahkan, kata Fauzan yang juga Camat Banguntapan, yang tidak kalah pentingnya adalah mulai adanya beberapa pasien positif Covid-19 yang tidak tahu kapan dan dimana terpapar virus corona tersebut.

"Mungkin ini yang dimaksud dengan 'titik lengah', dan boleh jadi saat dia di perjalanan melakukan aktivitas, saat nongkrong di warung atau kafe, pasar, kantor, pusat perbelanjaan dan sebagainya," katanya.

Oleh sebab itu, Camat Banguntapan benar-benar berpesan kepada pelaku perjalanan antar daerah dan antar kota agar disiplin menjalankan protokol kesehatan, karena banyak titik lengah selama perjalanan, di tempat tujuan dan saat pulang.

"Dimohon dengan sangat kesadaran dan keikhlasannya untuk selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu selalu memakai masker, menjaga jarak, rajin cuci tangan, menghindari kerumunan dan sebagainya," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: