Kondisi Ekonomi Melemah Jadi Tantangan Bagi BPKH, Pengelolaan Tetap secara Syariah

Kuntadi ยท Kamis, 25 Maret 2021 - 22:36:00 WIB
Kondisi Ekonomi Melemah Jadi Tantangan Bagi BPKH, Pengelolaan Tetap secara Syariah
Penyerahan cinderamata dalam bedah buku BPKH di UMY yang disiarkan secara daring. (Foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id – Kondisi ekonomi bangsa yang melemah menjadi tantangan bagi Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH). Apalagi tahun ini belum ada kepastian terkait penyelenggaraan haji dan umrah. BPKH tetap akan melakukan pengelolaan secara syariah dengan menggunakan kehati-hatian. 

“Tantangan saat ini dalam program haji pada biaya haji yang meningkat, sedangkan kebijakan yang ada beban setiap jamaah sama Rp35,2 juta,” kata Anggota Dewan Pengawas BPKH Akhyar Adnan dalam bedah buku  BPKH “Apa dan Bagaimana Investasi Pengelolaan Keuangan Haji” secara daring, Kamis (25/3/2021). 

Kondisi ekonomi global dan Indonesia berpengaruh terhadap pengelolaan dana yang ada. Daya beli masyarakat yang rendah mempengaruhi perolehan dana pengembangan. Pemerintah Arab juga belum memberikan kepastian akan pelaksanaan ibadah haji dan umrah di tahun 2021 ini.  

Akhyar mengatakan berdasarkan PP No 5 Tahun 2018, dana haji meliputi investasi berupa surat berharga, emas, investasi langsung serta investasi lainnya serta berasal dari penempatan bank dengan prinsip pengelolaannya berdasarkan prinsip Syariah, kehati-hatian, keamanan serta memiliki nilai manfaat.

“Buku ini menjadi bentuk sosialisasi dan edukasi terkait perencaan haji melalui investasi,” kata Dosen FEB UMY.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2