Korut Siap Lakukan Serangan Nuklir jika Kim Jong Un Terancam

Anton Suhartono ยท Senin, 12 September 2022 - 19:32:00 WIB
 Korut Siap Lakukan Serangan Nuklir jika Kim Jong Un Terancam
Korut siap melakukan serangan senjata nuklir jika pemimpin mereka Kim Jong Un dalam kondisi terancam. (Foto Ilustrasi : Ist)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) siap melakukan serangan senjata nuklir, termasuk secara otomatis, jika pemimpin mereka Kim Jong Un dalam kondisi terancam. Korut memastikan tidak akan tunduk dengan keinginan AS untuk melucuti senjata nuklirnya. 

Mereka memastikan akan memperkuat pertahanan nuklir. Kongres Rakyat Tertinggi Korut pada Kamis (8/9/2022) menyetujui undang-undang (UU) baru tentang doktrin nuklir. UU tersebut menggantikan aturan sebelumnya yang disahkan pada 2013 karena dianggap masih kurang luas. 

UU itu menjelaskan lima syarat untuk penggunaan senjata pemusnah massal, termasuk merespons serangan konvensional terhadap para pemimpin negara serta untuk mencegah ekspansi dan perpanjangan konflik.

UU baru tersebut juga mengodifikasikan doktrin nuklir yang pernah disampaikan Kim Jong Un pada awal April lalu. Saat itu dia mengatakan pasukan roket strategis Korut memiliki misi kedua selain mencegah perang. 

Penjelasan itu tampaknya bertujuan untuk melindungi Kim yang sejak lama menuduh AS dan Korea Selatan (Korsel) berupaya menggulingkan pemerintahannya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: