KRI Kartoang-872 Usir Kapal Tanker Marshall Islands di Perairan Selat Malaka

Erfan Ma'ruf ยท Sabtu, 12 Februari 2022 - 08:51:00 WIB
 KRI Kartoang-872 Usir Kapal Tanker Marshall Islands di Perairan Selat Malaka
Bakamla dan TNI AL gusir kapal tanker berkebangsaan Marshall Islands yang melaksanakan drifting di jalur internasional Selat Malaka. (foto: Antara/HO-Bakamla RI)

JAKARTA, iNews.id -  KRI Kartoang-872 berhasil mengusir kapal tanker berkebangsaan Marshall Islands yang melaksanakan drifting di jalur internasional Selat Malaka. Diketahui MT Chemstar Sapphire tidak bergerak dengan waktu yang cukup lama di tengah jalur internasional Selat Malaka.

"Tindakan ini dinilai mencurigakan dan membahayakan pelayaran bagi kapal lain," KataKabag Humas dan Protokol Bakamla Kolonel Wisnu Pramandita dalam keterangan tertulis, Jumat (11/2/2022).

Kolonel Wisnu Pramandita menjelaskan, peristiwa bermula saat Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Bakamla RI mendeteksi sebuah kapal mencurigakan di perairan Selat Malaka. 

Kapal tersebut kemudian diidentifikasi sebagai kapal tanker MT Chemstar Sapphire berkebangsaan Marshall Islands. 

Atas temuan tersebut kemudian dilaporkan kepada Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Bambang Irawan untuk menggerakan unsur patroli Bakamla terdekat yakni KN Belut Laut-406 untuk memeriksa MT Chemstar Sapphire.

Namun karena KN Belut Laut-406 sebagai unsur terdekat Bakamla RI tidak dapat bergerak karena masih berada di diperairan Belawan untuk melaksanakan pengawasan hasil tangkapan Kapal Ikan Indonesia yang langgar aturan pada Selasa (8/2/2022). 

Laksma Bakamla Bambang Irawan memerintahkan untuk memonitor unsur patroli terdekat dan didapati ada KRI Kartoang-872 milik TNI AL. Sinergi yang terjalin kuat, KRI Kartoang-872 langsung meluncur ke perairan Selat Malaka mendekati target MT Chemstar Sapphire pada koordinat 04 11,380 U - 099 37,095 T guna memeriksa.

"Setibanya di lokasi pukul 12.45 WIB, KRI Kartoang-872 melaksanakan shadowing dan melakukan komunikasi menggunakan gelombang radio," kata dia.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: