Kunjungi Pabrik, Ganjar Pranowo Borong GeNose untuk Seluruh Faskes di Jateng

Priyo Setyawan ยท Selasa, 05 Januari 2021 - 16:47:00 WIB
Kunjungi Pabrik, Ganjar Pranowo Borong GeNose untuk Seluruh Faskes di Jateng
Gubernur Ganjar Pranowo saat mengunjungi pabrik GeNose di UGM Science Technopark. (Istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memborong alat pendeteksi Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) berupa GeNose C19. Alat ini akan ditempatkan di seluruh puskesmas dan fasilitas kesehatan yang ada di Jawa Tengah.  
 
Saat meninjau pabrik, Ganjar sempat mencoba penggunaan dan cara kerja alat tersebut. Menurut Ganjar alat ini secara cepat mendeteksi sesorang positif atau negatif Covid-19. Alat ini juga mampu meningkatkan kapasitas surveillance untuk mengetahui berapa jumlah yang terpapar. Caranya juga mudah cukup dengan meniup kantong plastik yang terhubung alat dan perangkat komputer. 

“Setelah ada izin edar, kami langsung pesan GeNose,” kata Ganjar usai mengunjungi produki GeNose C19 di UGM Science Techno Park (STP)  di  Karangmojo, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Selasa (5/1/2021).
 
Ganjar mengaku memesan 100 unit GeNose C19 yang akan ditempatkan di fasilitas kesehatan yang ada. Pengunaan GeNose di lini depan juga menjadi keputusan politik. Indonesia mampu mandiri dan tidak bergantung dengan alat buatan negara lain dengan biaya mahal.  
 
“Kami tadi memesan 100 unit GeNose C19. Namun saat ini baru ada 35 unit, sebab baru berprodusi 10 hari setelah surat izin edar keluar,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2