Kuota Zonasi Wilayah PPDB SMP Negeri di Jogja Tinggal 15 Persen

Antara · Selasa, 31 Mei 2022 - 19:23:00 WIB
Kuota Zonasi Wilayah PPDB SMP Negeri di Jogja Tinggal 15 Persen
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budhi Asrori. (Foto : Antara)

PPDB untuk zonasi wilayah tersebut seluruhnya akan dilakukan secara daring melalui laman yogya.siap-ppdb.com. Calon siswa bisa mengajukan pendaftaran mulai 10-15 Juni dengan memilih tiga SMP.

Selanjutnya, melakukan verifikasi pendaftaran di salah satu SMP pilihan pada 13-15 Juni dengan membawa kelengkapan syarat pendaftaran yaitu hasil cetak pengajuan pendaftaran, surat keterangan hasil Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD), dan fotokopi kartu keluarga.

Selain zonasi wilayah, PPDB SMP juga dilakukan melalui jalur zonasi mutu dengan persaingan utama pada hasil ASPD. Kuota yang disiapkan sebanyak 44 persen.

Selain itu, juga dibuka PPDB dari jalur bibit unggul daerah sebanyak 10 persen, prestasi luar kota 10 persen, mutasi dan kemaslahatan guru lima persen, afirmasi warga miskin 11 persen, dan afirmasi disabilitas lima persen.

Total kursi yang disediakan untuk jenjang SMP tercatat sebanyak 3.466 siswa. “Tidak semua siswa lulusan SD bisa diterima di SMP negeri di Kota Yogyakarta karena pada tahun ini akan ada sekitar 7.000 siswa SD yang lulus,” katanya.

Meskipun demikian, kata Budhi, siswa bisa tetap melanjutkan pendidikan jenjang SMP di Kota Yogyakarta karena total daya tampung seluruh SMP negeri/swasta dan MTs mencapai sekitar 9.000 siswa.

Editor : Ainun Najib

Bagikan Artikel: