Laboratorium Fakultas Kedokteran UMY Jadi Rujukan Pengujian Sampel Covid-19

Kuntadi · Rabu, 24 Juni 2020 - 17:30 WIB
Laboratorium Fakultas Kedokteran UMY Jadi Rujukan Pengujian Sampel Covid-19
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Foto : Kuntadi.iNews.id

BANTUL, iNews.id – Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi laboratorium rujukan nasional untuk pengujian sampel tes Covid-19. Laboratorium ini memiliki kualitas Biosafety Level 2 (BSL) yang cukup mumpuni untuk pengujian sampel.

“Lab yang kita miliki sudah BSL level 2. Jadi dengan segala macam fasilitasnya, sudah bisa menguji sampel Covid-19, tapi masih di tahap PCR konvensional,” kata Dekan Fakultas Kedokteran UMY, Wiwik Kusumawati, Rabu (24/6/2020).

Laboratorium yang menjadi rujukan adalah Molecular Medicine and Therapy Research Laboratory (MMT Lab) yang terdapat di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Asri Medical Center. Kehadiran laboratorium ini akan semakin mempercepat pengujian atas sampel yang ada di DIY.

Sebelumnya juga sudah ada lima laboratorium yang ditunjuk yakni RSUP Dr Sardjito, BBTKLPP Yogyakarta, RS UGM DIY, Laboratorium Balai Besar Veteriner Wates, dan RSPAU Hardjolukito.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebelumnya telah memberikan hibah alat tes Real-Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) untuk memaksimalkan MMT Laboratorium UMY karena PCR konvensional dirasakan belum cukup. Peralatan ini sudah diterima dan sedang tahap akhir instalasi.

“Untuk mempersiapkan alat Real-Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), kita butuh dua pekan, dan kapasitas pengujian sebanyak 60 sampel per harinya,” katanya.

Real-Time PCR lebih canggih dalam pemeriksaan sampel tes Covid-19 dibandingkan dengan yang konvensional. Hasilnya juga lebih valid dari rapid test. Cukup dengan penambahan beberapa alat, maka Real-Time PCR dapat digunakan.

“Hanya butuh dua hari sampel PCR bisa keluar hasilnya,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi