Lolos Evaluasi Tahap Pertama, BAN-PT Perpanjang Akreditasi Unggul UMY

Kuntadi ยท Selasa, 12 Juli 2022 - 11:37:00 WIB
Lolos Evaluasi Tahap Pertama, BAN-PT Perpanjang Akreditasi Unggul UMY
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (Foto :iNews.id/Kuntadi)

BANTUL, iNews.id - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memperpanjang akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Unggul bagi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Perpanjangan ini menjadi bukti mutu dan kualitas pendidikan di UMY terus dijaga. 

Sebelumnya UMY sudah mendapatkan akreditasi A dan sejak Agusus 2021 naik menjadi Akreditasi Unggul yang berlaku sampai 22 Desember. Sebelum habis dilakukan penilaian dan  BAM-PT memperpanjang akreditasi unggul dari 2022 sampai 2027. 

Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) UMY, Evi Rahmawati, menerangkan, butuh waktu yang cukup panjang untuk mendapatkan perpanjangan akreditasi unggul ini. Terdapat beberapa evaluasi atau pemantauan Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) yang dilakukan oleh BAN-PT selama enam bulan sebelum masa akreditasi sebuah perguruan tinggi selesai. 

Pemantauan ini ada tiga tahap. Jika lolos pada tahap pertama, maka tahap kedua dan ketiga tidak perlu dilakukan. 

“Alhamdulillah, kampus kami langsung lolos pada tahap pertama dan ini adalah sebuah prestasi karena menjadi pembuktian bahwa mutu UMY terjaga,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/7/2022). 

Pada tahap pertama pemantauan, dilakukan melalui data yang ada pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) terkait mutu perguruan tinggi. BAN-PT adalah memastikan sebuah perguruan tinggi tetap bermutu dalam artian menghasilkan lulusan yang bermutu dan mengadakan proses pendidikan yang bermutu.

Indikator dalam menjaga mutu tersebut di antaranya, animo mahasiswa baru, rasio dosen dan mahasiswa, kualitas SDM, lulusan, serta akreditasi prodi. Pada semua indikator itu, UMY tidak mengalami penurunan mutu sehingga bisa mempertahankan akreditasi Unggul. 

Rektor UMY, Prof Gunawan Budiyanto mengatakan, Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang baik menjadi salah satu kunci dari keberhasilan UMY dalam mempertahankan akreditasi Unggul. Hal ini tidak lepas dari peran seluruh civitas akademika, khususnya para dekan fakultas dan kepala program studi berkaitan dengan kualitas pendidikan.
 
“Peningkatan dan evaluasi kinerja menjadi upaya UMY dalam mempertahankan mutu. Para mahasiswa juga dipantau apakah ia lulus tepat waktu atau tidak hingga alumni apakah sudah bekerja dan pekerjaannya sesuai dengan almamaternya,” katanya.  

Selama masa pandemi Covid-19, UMY tetap aktif dan tidak pernah melakukan lockdown total. Mahasiswa bisa melakukan proses belajar dan lulus tepat waktu. Dosen tetap melayani mahasiswa dan laboratorium tetap dibuka. 
  
“Akreditasi ini arus memotivasi seluruh civitas akademika untuk belajar menjadi lebih baik karena tidak semua kampus besar dapat lolos dalam tahap pertama pemantauan yang dilakukan BAN-PT,” ujarnya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: