Aufha Putri, Mahasiswi UNY Sukses Kenalkan Pempek di Jerman

erfan erlin ยท Senin, 11 Juli 2022 - 21:45:00 WIB
Aufha Putri, Mahasiswi UNY Sukses Kenalkan Pempek di Jerman
Pempek makanan dari ikan khas Palembang (Foto: Ist)

SLEMAN, iNews.id - Mahasiswi program studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni UNY Anysaufha Putri Kinanti berkesempatan menempuh studi selama satu semester di Jerman. Di sela waktu belajar, dia mengenalkan makanan tradisional asal Palembang empek-empek atau pempek ke publik Jerman. 

Aufa merupakan salah satu mahasiswa yang mendapat kesempatan untuk menekuni bidang wirausaha. Dia terpilih mengikuti PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) saat semester empat.

"Mungkin karena senang berwirausaha saya merasa edited saat berada di Jerman, jiwa wirausaha yang masih melekat kembali menggelora," tutur dia.

Ide memperkenalkan dan menjual pempek muncul ketika ia merasa merindukan makanan Indonesia tersebut. Menggunakan gadgetnya dia mencari UMKM Indonesia yang menjual empek-empek di media sosial. Pilihannya akhirnya jatuh ke Pempek Bangik karena membuka pengiriman kemanapun termasuk ke Jerman. Hanya saja ongkos kirim yang begitu besar untuk sampai ke Jerman.

Untuk mengurangi biaya ongkos kirim, yang dilakukan dengan memesan dalam jumlah yang panjang. Untuk pengiriman ke Jerman, digunakan jasa titip bagasi pada orang Indonesia yang hendak berangkat ke Jerman dan membuka jasa titip bagasi.

Awalnya dia memesan 20 paket yang terdiri dari pempek dan otak-otak ikan tenggiri. Saat itu, ia hanya coba-coba menjual makanan tersebut ke rekannya di Jerman dan tidak ada harapan lebih kecuali untuk menutup ongkos kirim.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: