LPPM UIN Yogyakarta Gelar Sekolah Pasar

Antara ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 12:54:00 WIB
 LPPM UIN Yogyakarta Gelar Sekolah Pasar
Suasana salah satu pasar tradisional di Bantul. LPPM UIN Yogyakarta menyelenggarakan program Sekolah Pasar. (Foto ilustrasi: Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, menyelenggarakan program Sekolah Pasar. Sekolah ini digelar di pasar rakyat untuk mengembangkan teknik dan strategi berdagang bagi para pedagang pasar tradisional.

Sekretaris LPPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Adib Shofia mengatakan sekolah pasar menjadi program yang berkelanjutan. 

"Untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan para pedagang pasar tradisional agar dapat mengikuti strategi dan teknik-teknik berdagang mengikuti perkembangan teknologi digital," kata Adib Shofia di Yogyakarta, Rabu (3/8/2022).

Selain itu, kata dia, strategi dan teknik bagaimana berdagang yang sesuai dengan nilai-nilai Islami yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

"Semua itu dikembangkan di kampus UIN Sunan Kalijaga menjadi pembelajaran nilai-nilai keIslaman yang berkemajuan, yang salah satunya terwujud dalam program Sekolah Pasar," katanya.

Hingga kini, LPPM UIN Sunan Kalijaga telah menyelenggarakan Program Sekolah Pasar hingga selesai dua angkatan. 

Dan angkatan ketiga, Sekolah Pasar tengah dilakukan mahasiswa KKN UIN Yogyakarta di Pasar Desa Nirmolo, Kelurahan Tirtonirmolo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Kalijaga, Trio Yonathan Teja Kusuma mengatakan, tim dari LPPM yang terdiri para Dosen Pendamping Lapangan dan Mahasiswa KKN berhasil mendokumentasikan karya selama enam bulan mengabdi di Pasar Desa Nirmala.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: