Luar Biasa, Sapi di Banjarnegara Ini Harganya Tembus Rp90 Juta

Elis Novit · Rabu, 29 Juni 2022 - 12:05:00 WIB
 Luar Biasa, Sapi di Banjarnegara Ini Harganya Tembus Rp90 Juta
Harga sapi ukuran jumbo di pasaran Banjarnegara terus mengalami kenaikan. Bahkan ada sapi seharga mobil. (Foto : iNews.id/Elis Novit)

BANJARNEGARA, iNews.id - Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga sapi mengalami kenaikan. Di Banjarnegara, harga sapi jumbo bahkan tembus hingga Rp90 juta.

Walapun seharga mobil, sapi ukuran jumbo dengan berat 700 kilogram hingga 1 ton ini tetap menjadi buruan karena memiliki daging yang cukup banyak.

Kenaikan harga sapi jumbo ini berkisar antar Rp5 juta hingga Rp10 juta. Saat ini sapi yang biasanya dijual dengan harga Rp70 juta naik menjadi Rp75 juta. Sementara sapi dengan berat 900 kilogram biasanya dijual Rp80 juta naik menjadi Rp90 juta.

Naiknya harga sapi ukuran jumbo jenis simental  ini akibat banyaknya permintaan sapi untuk di jadikan hewan kurban. Sementara kondisi stok sapi di pasaran terbatas.

“Dampak penyakit mulut dan kuku (PMK) membuat pasar hewan di sejumlah daerah pemasok sapi ditutup dan lalu lintas hewan terus di awasi dengan ketat dengan melarang sapi sapi dari luar daerah,” kata Dodo, pedagang sapi, Rabu (29/6/2022).

Harga sapi diprediksi akan semakin melambung hingga memasuki hari raya Idul Adha. Para peternak berharap pemerintah dan dinas terkait segera melakukan vaksinasi PMK secara  massal.

Dengan vaksinasi tersebut diharapkan wabah PMK bisa segera dikendalikan dan pasokan sapi dari sejumlah daerah kembali normal.

Editor : Ainun Najib

Bagikan Artikel: