Selundupkan Bio Solar 2 Warga Semarang Ditangkap Polisi

erfan erlin ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 11:43:00 WIB
Selundupkan Bio Solar 2 Warga Semarang Ditangkap Polisi
Petugas menunjukkan tersangka dan barang bukti penyelundupan BBM bersubsidi. (Foto: MPI/Erfan Erlin)

SLEMAN, iNews.id - Jajaran Direktorat Kriminal Khusus Polda DIY berhasil membongkar praktek tindak pidana Penyalahgunaan dan/atau niaga bahan bakar minyak bersubsidi pemerintah jenis bio solar. Dua orang diamankan dan petugas masih memburu pengepul. 

Dua tersangka yang diamankan adalah HY (37) warga Ungaran Barat, Kabupaten Semarang dan UN (40) warga Genuk Kabupaten Semarang. Mereka ditangkap pada Selasa (31/5/2022) di Jalan Wates tepatnya di Pelemgurih, Gamping, Sleman. 

“Awalnya kami mendapatkan informasi praktik ilegal, dan ditindaklanjuti dengan penyelidikan sehingga berhasil mengamankan kedua pelaku,” kata Wadirkrimsus AKBP FX Endriadi, Rabu (29/6/2022).

Polisi mengamankan barang bukti satu unit Truk Toyota Dyna dengan bak kayu yang didalamnya terdapat tangki besi kapasitas 5.000 liter berisi BBM Bio solar 2.900 liter. Di Dalam tangki BBM modifikasi juga ditanam pompa air berikut STNK dan kunci mobil.
 
Polisi juga mengamankan dua buah handphone dan uang tunai Rp11,7 juta. Saat ini keduanya masih menjalani pemeriksaan secara intensif. 

Dari pengakuan tersangka HY, dia hanya sebagai sopir sementara UN adalah pemilik modal. UN telah menjalankan usahanya selama enam bulan dan menggunakan modal sendiri selama satu bulan. Dia sengaja melakukannya karena tergiur keuntungannya yang lumayan besar.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: