Maknai Nasionalis, Pelaku UMKM di Gunungkidul Ciptakan Kerupuk Warna Merah Putih

erfan erlin ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 14:30:00 WIB
Maknai Nasionalis, Pelaku UMKM di Gunungkidul Ciptakan Kerupuk Warna Merah Putih
Supriyadi sedang memproduk kerupuk Merah Putih di rumahnya. (Foto: MPI/erfan Erlin)

Menurut dia, apa yang dilakukan dilatarbelakangi rasa cintanya kepada tanah air. Ia mengaku sangat bangga menjadi bagian bangsa Indonesia. Kebanggan tersebut ia tuangkan dalam mata pencaharian satu-satunya tersebut.

"Nasionalisme harus kita pupuk dan kita bangkitkan kepada semua generasi bangsa ini. Dan saya sengaja membuat kerupuk merah putih karena bangga sebagai bangsa Indonesia. Saya ingin mengingatkan ke semuanya tentang nasionalisme itu melalui kerupuk," kata Supri.

Kerupuk yang diproduksi berbahan baku tepung tapioka. Semua proses dia lakukan secara manual dan dikerjakan bersama istrinya. Mulai dari membuat adonan, mencetak, mengukus, menjemur hingga menggoreng. 

Setiap dua hari sekali dia memproduksi sebanyak 25 kilogram tepung tapioka. Semua peralatan yang ia gunakan juga sudah berusia tua. Tempat mencetak, bejana untuk mengkukus hingga kerombong (tempat kerupuk) umurnya lebih dari 60 tahun. 
  
Kerupuk ini memiliki rasa yang sangat gurih. Walaupun krupuk jadul, namun kerupuk ini tak pernah sepi peminat. Kerupuk ini bahkan memiliki penggemar setia sehingga tak pernah sepi pembeli.  

"Permintaan selalu stabil, kecuali mendekati lebaran itu naik drastis. Banyak pemudik dari Jakarta yang membeli mentah dan nanti digoreng di rumah,"terang dia.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: