Mantap, Wayang Jogja Night Carnival Masuk "Calendar of Event" Nasional

Antara ยท Jumat, 08 Oktober 2021 - 13:32:00 WIB
Mantap, Wayang Jogja Night Carnival Masuk "Calendar of Event" Nasional
Tangkapan layar salah satu pertunjukan pada penyelenggaraan Wayang Jogja Night Carnival ke-6, Kamis (7/10/2021). (Foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Mantap. Event Wayang Jogja Night Carnival tahun ini resmi masuk dalam “calendar of event” nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Wayang Jogja Night Carnival merupakan event tahunan yang digelar sebagai puncak rangkaian peringatan hari ulang tahun Kota Yogyakarta.

Konsep utama Wajang Jogja Night Carnival adalah karnaval jalanan atau “art on the street” yang menampilkan tokoh-tokoh wayang dikombinasikan dengan lakon pewayangan dibalut dalam seni koreografi, busana serta musik kontemporer.

“Bertepatan dengan penyelenggaraan tahun keenam, event tahunan ini resmi masuk sebagai calendar of event nasional,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di sela pembukaan Wayang Jogja Night Carnival ke-6 yang dipantau secara daring di Yogyakarta, Kamis (7/9/2021).

Setiap tahun, lanjut Haryadi, penyelenggaraan Wayang Jogja Night Carnival selalu dinantikan oleh masyarakat maupun wisatawan bahkan banyak wisatawan yang sengaja datang ke Yogyakarta untuk menikmati karnaval malam hari tersebut.

Namun demikian, penyelenggaraan WJNC mengalami sejumlah penyesuaian di masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak tahun lalu yaitu diselenggarakan dengan konsep hybrid atau menggabungkan pertunjukan daring dan luring.

Begitu pula dengan penyelenggaraan pada tahun ini yang bertepatan dengan ulang tahun ke-265 Kota Yogyakarta, karena kembali harus diselenggarakan secara hybrid.

Pertunjukkan secara luring digelar di Stadion Mandala Krida Yogyakarta dengan pembatasan jumlah tamu undangan, sedangkan masyarakat luas dapat menikmatinya melalui siarang langsung di kanal YouTube Pemerintah Kota Yogyakarta dan Dinas Pariwisata Yogyakarta.

“Harapannya, penayangan WJNC secara virtual ini tidak mengurangi esensi dan nilai pertunjukan yang dihadirkan,” katanya.

Tema yang diusung pada penyelenggaraan WJNC ke-6 tetap disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi yaitu Semar Boyong yang mengisahkan bagaimana upaya untuk memulihkan kondisi suatu daerah seusai diterpa “pagebluk”.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: