Mengerikan, Serangan KKB Tewaskan 43 Orang Selama Akhir Pekan Terakhir

Umaya Khusniah ยท Senin, 16 Mei 2022 - 18:40:00 WIB
 Mengerikan, Serangan KKB Tewaskan 43 Orang Selama Akhir Pekan Terakhir
Tentara Burkina Faso saat berjaga-jaga dari serangan KKB. (Foto: Reuters)

OUAGADOUGOU, iNews.id - Aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) terus memakan korban. Setidaknya 43 tewas dalam sejumlah serangan terpisah selama akhir pekan di Burkina Faso

Korban tewas akibat serangan KKB ini didominasi warga sipil dan tentara pembantu. Serangan pertama terjadi antara Salmossi dan Markoye di Provinsi Oudalan di wilayah Sahel. Bentrokan ini menewaskan enam orang, termasuk lima tentara pembantu dan satu warga sipil. 

Menurut media setempat Infowakat, delapan anggota milisi sukarelawan lainnya dan belasan warga sipil tewas dalam serangan di Distrik Guessel di wilayah yang sama. Kelompok KKB menjarah beberapa properti pribadi dan merusak lainnya sebelum melarikan diri.

Dalam serangan lain, konvoi warga sipil menuju Namouyouri, Provinsi Kompienga di perbatasan dengan Benin, yang dikawal oleh pasukan tambahan disergap oleh KKB. Akibatnya, 15 warga sipil dan dua anggota milisi tambahan tewas di daerah Tambarga. Beberapa warga sipil lainnya terlukaMenurut harian lokal Lefaso, serangan juga terjadi Sabtu (14/5/2022) malam oleh orang-orang bersenjata tak dikenal di wilayah Hauts-Bassins, Provinsi Houet. Dua polisi terluka dan sebuah kendaraan terbakar.

Serangan tersebut menargetkan gendarmerie dan polisi di Faramana, perbatasan dengan Mali. Ini merupakan serangan kedua terhadap brigade gendarmerie Faramana dalam waktu dua tahun. Serangan sebelumnya terjadi pada Mei 2020.

Burkina Faso telah memerangi pemberontakan yang telah menyebar dari negara tetangga Mali selama dekade terakhir. Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan-seranagn terbaru tersebut.

Editor : Ainun Najib

Bagikan Artikel: