Menyamar Jadi Wisatawan, Polres Gunungkidul Tangkap Basah Joki Wisata

Kismaya Wibowo · Senin, 13 September 2021 - 08:10:00 WIB
Menyamar Jadi Wisatawan, Polres Gunungkidul Tangkap Basah Joki Wisata
Petugas Satlantas Polres Gunungkidul menangkao basah para joki wisata. (Foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Petugas Satlantas Polres Gunungkidul menyamar menjadi wisatawan untuk mengungkap praktik joki wisata yang marak terjadi di Gunungkidul. Hasilnya ada beberapa warga lokal yang tertangkap menjadi joki. 

Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Martinus Grivinto Sakti mengatakan, pihaknya banyak mendapatkan laporan terkait maraknya wisatawan di pantai selatan Gunungkidul. Tidak hanya wisatawan lokal namun banyak yang berasal dari luar daerah yang datang. Padahal objek wisata ini masih ditutup dan belum menerima kunjungan wisata lantaran masih dalam penerapan PPKM level 3.

Dari hasil penyelidikan, diketahui para wisatawan ini masuk menggunakan jalan tikus atau jalur alternatif. Mereka mengikuti petunjuk yang diberikan oleh warga lokal yang menawarkan diri sebagai joki wisata.  

“Karena itulah kami melakukan patroli di sepanjang jalan sebelum sampai di pos penyekatan,” kata Martinus, Minggu (12/9/2021).  

Agar tidak dicurigai, petugas menggunakan mobil pribadi dengan nopol luar daerah. Cara ini cukup jitu untuk memancing joki wisata mendekat. Mobil ini kemudian berhenti di tepi jalan utama menuju Pantai Baron untuk menarik perhatian joki.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2