Merapi Semburkan Wedus Gembel Sejauh 3 Km, Magelang Diguyur Hujan Abu

Priyo Setyawan ยท Sabtu, 28 Agustus 2021 - 21:52:00 WIB
Merapi Semburkan Wedus Gembel Sejauh 3 Km, Magelang Diguyur Hujan Abu
BPPTKG mencatat semburan awan panas Merapi terjadi pada pukul 16.20 WIB di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 234 detik. (Foto : Ist)

SLEMAN, iNews.id- Aktivitas vulkanis Gunung Merapi hingga Sabtu  (28/8/2021) masih terus berlangsung. Gunung yang berada di perbatasan DIY Jateng itu bahkan mengeluarkan awan panas guguran atau yang biasa disebut wedus gembel

Usai terjadi  awan panas, hujan abu melanda lereng Merapi di  wilayah Magelang.

Balai Penyelidikan  dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat semburan awan panas terjadi pada pukul 16.20 WIB di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 234 detik. Jarak luncur 3.000 m ke arah barat daya.

Adanya awan panas ini dilaporkan terjadi hujan abu di lerang Merapi Magelang. Yakni di Desa Kradenan, Srumbung, Kaliurang,  Kemiren,  Banyuadem,  Jerukagung dan Ngablak  Kecamatan Srumbung. Kemudian Desa Sucen dan Kadiluwih, Kecamatan Salam dan Desa Jamuskauman, Somokaton dan Plosogede, Bligo dan Ngluwar, Kecamatan Ngluwar

BPPTKG juga mencatat pada periode pukul 06.00 WIB-18.00 WIB terdengar empat kali suara guguran dengan intensitas hingga sedang. Gempa guguran 139  kali, gempa embusan 27 kali, low frekuensi satu kali dan gempa vulkanik dangkal satu kali.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: