Modal Akun Perempuan, Pemuda Ini Bawa Kabur 5 Motor Kenalannya di Medsos

Priyo Setyawan · Sabtu, 23 Januari 2021 - 15:05:00 WIB
Modal Akun Perempuan, Pemuda Ini Bawa Kabur 5 Motor Kenalannya di Medsos
Petugas menunjukkan tersangka dan barang bukti hasil pengelapan di Mapolsek Sleman, Sabtu (23/1/2021). (Foto MNC Portal Indonesia/priyo setyawan)

Dari pemeriksaan sepeda motor itu dijual Rp6,5 juta melalui online. Uangnya dibelikan satu sepeda motor AB 2195 SI dan dua sepeda ontel sisanya untuk memenuhi keperluan sehari-hari.  Sepeda motor dan dua sepeda ontel tersebut sekarang diamankan petugas. Selain itu juga menyita handphnee dan pakaian yang digunakan pelaku saat melarirkan sepeda motor  sebagai barang bukti (BB).

 “Petugas masih mengembangkan kasus ini. Sebab tersangka bukan hanya sekali melakukan aksinya, sebelumnya sudah melalukan hal yang sama di empat lokasi,  yaitu wilayah Turi, Sewon, Sleman dan Umbulharjo,”  paparnya.

Total ada lima sepeda  motor yang dilarikan, dua KLX dan tiga matic. Modusnya sama yani berkenalan di medsos dengan memasang foto perempuan cantik dan untuk menyakinkan korbannya saat voice note yang menjawab sang kekasih, DP. Korban kemudian dajak bertemu di suatu tempat, di tengah jalan pinjam motor  korban untuk beli sesutau dan membawa motor itu kabur.

“Pelaku dijerat pasal 374 KUHP tentang pengelapan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,” katanya .

Di hadapan petugas Deni mengaku melakukan tindakan itu karena tidak memiliki uang. Dia sehari-harinya sebagai buruh di pembuatan tempe. Uang hasil penjualan sepeda motor digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Pertama kali melakukan aksi November 2020. Pacarnya mengetahui dan sempat melaranngnya. “iIu ide saya sendiri,” katanya. 

Editor : Ainun Najib