Modus Tawarkan Berlian, 3 Komplotan Penipu di Bandara YIA Ditangkap Polisi

Kuntadi ยท Jumat, 17 September 2021 - 13:35:00 WIB
Modus Tawarkan Berlian, 3 Komplotan Penipu di Bandara YIA Ditangkap Polisi
Polisi menunjukkan tersangka dan barang bukti kasus penipuan di Bandara YIA. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Unit Reskrim Polsek Temon, Kulonprogo berhasil mengungkap kasus penipuan yang terjadi di areal Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) dengan modus menawarkan batu permata dan berlian. Tiga orang berhasil diamankan, dan satu pelaku lagi menjadi daftar pencarian orang (DPO). 

Ketiga pelaku DWN (30), AS (46) warga Klaten, Jawa Tengah dan Pur (50) warga Kediri, Jawa Timur. Sedangkan tersangka yang masih buron RH (40) warga Jember, Jawa Timur. Mereka adalah satu komplotan dengan modus menawarkan batu permata yang belakangan diketahui palsu. Sedangkan korban Budi Wibowo (45) warga Kutai Timur, Kalimantan Timur yang baru saja turun dari pesawat.

“Mereka ini komplotan empat orang, tiga berhasil kami amankan dan satu lagi masih DPO,” kata Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini, Jumat (17/9/2021).

Aksi penipuan ini terjadi pada 25 Agustus lalu, saat itu korban baru saja turun dari pesawat dan bertemu dengan tersangka Pur. Mereka kemudian mengobrol dan akhirnya cukup akrab. Lantaran satu tujuan ke Solo, tersangka Pur menawarkan untuk bareng dengan berdalih dijemput keponakannya. Padahal tersangka ini memang berangkat dari Klaten satu mobil.

Di dalam mobil inilah tersangka menghubungi tersangka RH agar bertemu di Jogja. Setelah bertemu, empat tersangka ini berada dalam satu mobil mengarah ke Solo bersama korban. Saat itulah pelaku RH menawarkan kepada Pur beberapa batu permata dan berlian seharga Rp60 juta.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: