Nilai Ekonomi Tinggi, Anggota DPR Asal DIY Subardi Dorong Warga Kembangkan Buah Pala

Kuntadi ยท Minggu, 24 Januari 2021 - 09:35:00 WIB
Nilai Ekonomi Tinggi, Anggota DPR Asal DIY Subardi Dorong Warga Kembangkan Buah Pala
Tim rumah aspirasi Subardi mendorong mengecek lahan yang akan dijadikan sentra buah pala. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id – Anggota Komisi VI DPR asal DIY, Subardi menggagas program desa mandiri. Melalui Rumah Aspirasi, politisi Partai Nasdem ini mendorong warga untuk mengembangkan tanaman pala disamping buah salak yang selama ini sudah eksis dikembangkan warga. 

Program desa mandiri ini dilaksanakan di Desa/Kalurahan Girikerto, Kapanewon Turi Sleman. Warga didorong untuk lebih produktif dalam membudidayakan tanaman pertanian. Salah satunya untuk mengembangkan tanaman buah pala yang nilai ekonomisnya cukup tinggi. 

“Program ini untuk mendorong masyarakat lebih produktif. Hasil riset, tanaman pala memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dari buah, biji dan juga daunnya,” kata Anggota DPRD Provinsi DIY dari Partai Nasdem Widi Sutikno, Sabtu (23/1/2021).

Program desa mandiri ini akan memanfaatkan lahan tanah kas desa seluasa 25 hektare. Pengelolaan diserahkan kepada BUMDes bekerja sama dengan kelompok tani. Tim tidak hanya mmeberikan sosialsiasi saja, mereka juga langsung terjun mengecek kondisi lahan. Mereka juga akan mendampingi agar tanaman pala yang dikembangkan berkembang. 

“Kami akan membantu secara terintegrasi, dari pelatihan, pembibitan, bantuan alat pertanian sampai pengolahan hasil,” kata Widi yang merupakan mantan Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Sleman  ini. 
  
Lurah Girikerto Sudibyo, mengatakan, program ini akan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang mayoritas adalah petani. Wilayahnya merupakan salah satu sentra produksi salak pondok. Program ini sangat disambut antusias warga karena nilai ekonomisnya cukup menjanjikan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2