Operasi Pekat Progo 2020, Polda DIY Tangkap 122 Tersangka dari 86 Kasus Kejahatan

Kuntadi ยท Senin, 13 Juli 2020 - 22:00 WIB
Operasi Pekat Progo 2020, Polda DIY Tangkap 122 Tersangka dari  86 Kasus Kejahatan
Polda DIy mengamankan 122 tersangka dalam OPerasi Pekat Progo 2020. (Foto: Humas Polda DIY)

SLEMAN, iNews.id – Operasi Pekat Progo 2020 yang dilaksanakan Polda DIY mulai 3 Juli sampai dengan 12 Juli berhasil mengungkap 86 kasus kriminal. Polisi juga mengamankan 122 orang tersangka baik yang menjadi target operasi (TO) dan non target operasi (NTO).

“Ada 86 kasus yang berhasil oleh Polda DIY maupun dari lima polres di DIY, dengan 27 kasus TO dan 59 NTO,” kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto di Polda DIY, Senin (13/7/2020).

Dirreskrimum Polda DIY, AKBP Burkan Rudy Satria mengatakan, dari 86 kasus ini, sebanyak 55 merupakan kasus peredaran minuman keras. Ironisnya dua penjual yang berhasil diamankan berstatus pelajar di salah satu sekolah menengah. Sedangkan barang bukti yang diamankan sebanyak 814 botol minuman keras dari berbagai merek dan kemasan.

“Kasus pekat ini sudah merambah segara usia dan harus diantisipasi agar tidak merembet ke kasus lain,” katanya.

Selain peredaran minuman keras, polisi juga membongkar praktik perjudian. Setidaknya ada 18 kasus yang berhasil diungkap di lima kabupaten. Barang bukti yang diamankan berupa uang tunai Rp15,9 juta, dadu, rekapan togel dan juga handphone untuk transaksi.

“Kita juga ungkap lima kasus prostitusi online satu di antaranya dijerat dengan perdagangan orang,” kata Burkan.

Polisi juga berhasil mengungkap lima kasus kejahatan jalan, baik berupa penjambretan, pencurian dengan kekerasan (curas) ataupun pencurian dengan pemberatan (curat). Salah satu pelaku ditangkap setelah aksinya terekam CCTV dan viral di media sosial.

“Pelaku ini mengincar ibu-ibu yang jalan pagi. Modusnya tanya alamat, begitu korban lengah akan menjambret kalung dan kabur,” katanya.

Polisi berharap masyarakat ikut berperan aktif dalam pemberantasan penyakit masyarakat. Dari beberapa kasus yang ada tidak lepas dari informasi dari masyarakat. Dari laporan yang ada ditindaklanjuti dan berhasil diungkap peredaran miras ataupun perjudian.


Editor : Kuntadi Kuntadi