Pameran di Keraton Yogya, Koleksi Peninggalan Sri Sultan HB II Ditampilkan

Ainun Najib ยท Kamis, 29 Oktober 2020 - 14:27:00 WIB
Pameran di Keraton Yogya, Koleksi Peninggalan Sri Sultan HB II Ditampilkan
Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat membuka pameran temporer Adhyatmaka di Keraton Yogya, secara daring. (Foto : Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Berbagai koleksi Museum Keraton Yogyakarta akan ditampilkan dalam pameran temporer Adhyatmaka bertajuk 'Sang Adiwira: Sri Sultan Hamengku Buwono II' di Keraton Yogyakarta. Pameran yang digelar Kawedanan Hageng Punakawan Nityabudaya Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat ini akan berakhir pada Minggu (31/1/2021).

Penghageng KHP Nityabudaya GKR Bendara mengatakan meski telah lebih dari 20 dasawarsa, bentuk legitimasi Sultan Hamengku Buwono II masih dapat disaksikan seperti bangunan benteng baluwarti, pesanggrahan Rejawinangun, Cendanasari, dan Gua Siluman, serta manuskrip pusaka yang hingga kini masih tersimpan di dalam Keraton Yogyakarta.

"Maka, kisah Sang Perwira inilah yang kemudian kami angkat menjadi tema dalam Pameran Temporer Adhyatmaka tahun ini,” Kata GKR Bendara dalam siaran pers yang diterima iNews.id, Kamis (29/10/2020).

Pameran temporer keraton ini akan digelar rutin setiap tahun. Untuk itu Keraton Yogyakarta sekaligus meluncurkan nama Adhyatmaka untuk pameran ini. Adhyatmaka sendiri memiliki arti ilmu pengetahuan, sehingga diharapkan koleksi yang dipamerkan dalam pameran keraton dapat memberikan ilmu dan pengetahuan baru ke masyarakat.

Sesuai tema besarnya, pameran ini akan banyak menghadirkan koleksi Museum Keraton Yogyakarta baik yang berasal dari masa Sri Sultan Hamengku Buwono II maupun benda-benda lain yang berkaitan dengan sultan kedua dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ini. Adapun benda-benda tersebut antara lain busana, batik, kristal, perak, porselen, hingga berbagai dokumentasi terkait karya seni, bangunan, serta militer.

Mulai Kamis (29/10/2020) hari ini masyarakat sudah bisa menikmati pameran ini. Pameran dapat dikunjungi sesuai jam buka Keraton Yogyakarta. Yaitu setiap Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.00-14.00. Tentu dengan standar protokol kesehatan yang ketat.

Adapun untuk tiket masuk pameran seharga Rp8.000,00. Untuk lebih hematnya, pengunjung dapat membeli tiket terusan seharga Rp15.000,00 untuk dapat menikmati wisata Keraton Yogyakarta sekaligus memasuki area pameran Sang Adiwira.

Editor : Ainun Najib