Pangdam IV/Diponegoro Bangga dengan Yonarmed 3/105 Tarik

Ahmad Antoni ยท Jumat, 19 Maret 2021 - 22:45:00 WIB
  Pangdam IV/Diponegoro Bangga dengan Yonarmed 3/105 Tarik
Pangdam IV/Diponegoro inspeksi pasukan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik di Markas Batalyon Armed-3/105 Tarik, Sambung, Magelang, Jumat (19/3/2021). (Istimewa)

MAGELANG, iNews.id – Usai menjalankan tugas operasi Pamtas RI-RDTL di NTT sejak Agustus 2020 Satgas Yonarmed 3/105 Tarik kembali ke markas. Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto menerima para prajurit satuan bantuan tempur itu dalam upacara di Markas Batalyon Armed-3/105 Tarik, Sambung, Magelang, Jumat (19/3/2021).

Pangdam merasa bangga atas sepak terjang Yonarmed-3/105 Tarik selama penugasan sejak Agustus 2020 sampai Februari 2021. Satgas Yonarmed 3/105 Tarik telah melaksanakan tugas dengan dedikasi dan prestasi memuaskan. 

Di antaranya keberhasilan yang diraih adalah  menggagalkan penyelundupan barang-barang ilegal, mendapatkan senjata nonorganik TNI dan amunisi serta meringankan kesulitan masyarakat melalui kegiatan pembinaan teritorial.

Dalam arahannya, Pangdam berpesan agar para prajurit segera beradaptasi menyesuaikan kembali tugas pokok sesuai job description basis yaitu sebagai Satuan Bantuan Tempur yang memberikan bantuan tembakan lintas lengkung kepada Satuan Tempur di medan operasi. Ini ditekankan Pangdam karena selama 7 bulan penugasan yang dilakukan adalah operasi pengamanan teritorial di perbatasan.

"Setelah kembali ke sini, anda harus berubah kembali, kalian semua kembali berubah job description, saudara semua menjadi prajurit-prajurit yang mengawaki senjata bantuan,’ kata Pangdam.

Sebagai prajurit profesional, kata dia, perubahan ini harus dilakukan dengan cepat baik dalam hal tugas pokok maupun dalam sikap di lingkungan sosial. Dengan saling sinergi satu sama lain maka hal ini mudah untuk dilakukan. 

Caranya mulai dari latihan-latihan tingkat perorangan, tingkat kelompok sampai dengan baterai dan tingkat Batalyon. Dengan begitu maka Yonarmed 3/105 Tarik bisa menjadi satuan Arteleri Medan yang profesional dan handal.

“Saya minta Komandan Batalyon dan seluruh perangkatnya kembalikan profesionalismemu sebagai prajurit arteleri medan” katanya.

Terkait Covid 19, Pangdam berpesan agar Yonarmed 3/105 Tarik nantinya bisa berkomunikasi dengan Satuan Kesehatan terkait vaksinasi karena TNI Polri merupakan salah satu garda terdepan dalam menangani pandemi.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2