Pangkalan Elpiji Subsidi Jogja hanya Layani Pelanggan yang Terdaftar

Antara ยท Sabtu, 05 Maret 2022 - 15:04:00 WIB
 Pangkalan Elpiji Subsidi Jogja hanya Layani Pelanggan yang Terdaftar
Pangkalan elpiji subsidi tiga kilogram memastikan hanya menjual elpiji ke konsumen yang sudah masuk dalam daftar. (Foto: Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id - Meningkatnya harga elpiji nonsubsidi tidak mempengaruhi permintaan elpiji subsidi tiga kilogram. Selama ini pangkalan elpiji subsidi tiga kilogram memastikan hanya menjual elpiji ke konsumen yang sudah masuk dalam daftar dari rumah tangga, UKM, dan pengecer yang berada di sekitar pangkalan.

“Di pangkalan pasti sudah ada daftar konsumen rutin. Nama dan alamat mereka semua terdata. Jadi, kami hanya melayani pelanggan rutin. Di luar daftar tidak bisa dilayani,” kata Wiratmadi Dirgantoro, pemilik pangkalan elpiji subsidi Geneng Kecamatan Gondokusuman di Yogyakarta, dikutip dari Antara, Sabtu (5/3/2022).

Karena aturan tersebut, lanjut dia, maka hingga saat ini tidak ada peningkatan permintaan dari masyarakat untuk membeli elpiji bersubsidi sebagai dampak meningkatnya harga elpiji non subsidi.

Menurut dia, Pertamina sudah menetapkan aturan yang wajib dipenuhi pangkalan. Setiap pangkalan memiliki tugas untuk memenuhi kebutuhan elpiji bersubsidi di wilayah atau area yang sudah ditetapkan.

Di pangkalan yang dikelolanya, Wiratmadi menjual sekitar 800 tabung elpiji tiga kilogram setiap bulan, yang terdiri dari 50 persen untuk kebutuhan rumah tangga dan sisanya untuk memenuhi permintaan UKM serta pengecer. Harga satu tabung Rp15.500 sesuai harga eceran tertinggi.

“Terkadang ada pedagang dari luar area yang ingin membeli gas. Jelas tidak bisa kami layani karena akan mengganggu pemenuhan kebutuhan pelanggan dan mereka tidak masuk daftar. Nanti saya yang justru dimarahi tetangga karena tidak mendapat gas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono berharap tidak ada pergeseran pembelian ke elpiji tiga kilogram menyusul meningkatnya harga elpiji non subsidi. “Peruntukan elpiji subsidi sudah jelas untuk masyarakat miskin. Sudah ada segmennya masing-masing,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: