Pasien Positif Kulonprogo Terendah di DIY, Ancaman Covid-19 Masih Tinggi

Kuntadi ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 14:20 WIB
 Pasien Positif Kulonprogo Terendah di DIY, Ancaman Covid-19 Masih Tinggi
Peta sebaran Covid-19 di DIY

KULONPROGO, iNews.id – Penderita Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo terendah di DIY dengan jumlah 15 kasus. Sebanyak dua pasien masih menjalani perawatan intensif di RSUD Wates. Meski kasusnya cukup aman, Dinas Kesehatan melihat ancaman masih tinggi.

“Kondisi Kulonprogo sebenarnya aman, namun ancaman masih sangat tinggi,” kata Plt Kepala Dinas Kesehata Kulonprogo, Sri Budi Utami, Rabu (1/7/2020).

Untuk mencegah munculnya kasus baru, butuh pemahaman yang benar di masyarakat. Pemerintah perlu melindungi warganya dengan kebijakan pemakaian masker. Saat ini tagline “Orang Pinter, Pakai Masker” sudah digelorakan untuk membiasakan masyarakat menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan, kondisi dan situasi Covid-19 di DIY belum dapat diselesaikan. Forum di DIY telah menyepakati masa tanggap darurat diperpanjang 1 bulan ke depan, sampai dengan akhir Juli.

“DIY secara geografis dikelilingi zona yang tidak hijau,” katanya.

Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati mengatakan perlu ada sanksi kepada masyarakat yang terjaring berada di tempat umum tanpa mengenakan masker. Penertiban ini sudah dilakukan oleh Polres Kulonprogo, dengan sanksi menyanyikan lagu nasional.

“Memakai masker dan cuci tangan harus dibiasakan menjadi budaya,” kata Akhid.


Editor : Kuntadi Kuntadi