Pastikan Tak Ada Penularan Covid-19 pada Uji Coba PTM, Disdikpora Jogja Tes Swab Acak

Antara · Jumat, 22 Oktober 2021 - 17:45:00 WIB
 Pastikan Tak Ada Penularan Covid-19 pada Uji Coba PTM, Disdikpora Jogja Tes Swab Acak
Para siswa menjalani tes swab rutin agar PTM berlangsung aman dan bebas Covid-19. (Foto: ilustrasi).

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan melaksanakan tes acak Covid-19 di sejumlah sekolah. Tes ini untuk memastikan tidak adanya penularan Covid-19 selama pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). 

“Kami akan koordinasikan dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan tes acak. Selama masa uji coba PTM kami belum melakukan tes acak,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta Dedi Budiono, Jumat (22/10/2021). 

Menurutnya, Disdikpora tidak memiliki kewenangan untuk penyelenggaraan tes acak Covid-19. Untuk itulah mereka akan mengirimkan surat ke Dinas Kesehatan agar melakukan tes swab secara acak. 

Kegiatan PTM telah dilaksanakan untuk siswa SD khususnya kelas 6 dan SMP. Sejauh ini pelaksanaan PTM berjalan lancar dan tidak ada permasalahan ataupun kasus Covid-19. Meski tidak ada kasus, namun dinas tetap minta agar protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat dan disiplin.

“Harus selalu konsisten menjalankan protokol kesehatan sesuai standar operasional prosedur (SOP) PTM. Tidak boleh lalai meskipun kasus sudah turun,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: