Pastikan Wisatawan Sudah Divaksin, Jogja Terapkan One Gate System Bus Pariwisata

Antara · Sabtu, 23 Oktober 2021 - 20:03:00 WIB
  Pastikan Wisatawan Sudah Divaksin, Jogja Terapkan One Gate System Bus Pariwisata
Rombongan wisatawan saat pemeriksaan kartu vaksinasi di Terminal Giwangan Yogyakarta karena saat ini Yogyakarta sudah menerapkan one gate system untuk mengatur arus masuk bus pariwisata, Sabtu (23/10/21). (Foto : Antara/HO-Humas Pemkot Yogyakarta)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemkot Yogyakarta mulai menerapkan one gate system untuk mengatur arus masuk bus pariwisata. Langkah ini sekaligus untuk memastikan wisatawan yang datang sudah memenuhi syarat perjalanan, salah satunya sudah menjalani vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.

akil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Sabtu (23/10/2021) meluncurkan one gate system di Terminal Giwangan. 

"Hari ini sistem ini mulai dijalankan. Tujuan utamanya mengatur arus masuk bus pariwisata dan memastikan wisatawan dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat perjalanan di masa pandemi guna mencegah penularan Covid-19," kata Heroe Poerwadi.

Seluruh bus pariwisata yang akan masuk ke Kota Yogyakarta diwajibkan melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan, khususnya vaksinasi di Terminal Giwangan Yogyakarta.

Jika dinyatakan memenuhi syarat,  bus akan mendapat stiker yang ditempel di kaca depan dan diizinkan masuk ke Kota Yogyakarta, baik menuju objek wisata, hotel, tempat oleh-oleh atau mengakses tempat khusus parkir (TKP).

Bus juga akan mendapat tiket atau kartu parkir dari Terminal Giwangan. Di dalam kartu parkir tersebut sudah tertera lokasi parkir yang harus dituju, seperti TKP Abu Bakar Ali, Ngabean, dan Senopati jika bus pariwisata berukuran besar.

Untuk bus pariwisata berukuran kecil atau sedang akan diberikan kartu untuk mengakses TKP lain seperti Sriwedani, Ketandan, dan SPRAGA.

Jika bus dinyatakan tidak memenuhi syarat, tidak akan diperkenankan masuk ke Kota Yogyakarta.

"Sistem ini merupakan ikhtiar bersama untuk menata arus masuk bus pariwisata dan wisatawan ke Yogyakarta. Harapannya, mampu menciptakan kondisi yang nyaman baik bagi wisatawan yang datang maupun warga Kota Yogyakarta," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan, kebijakan one gate system merupakan tindak lanjut aturan perjalanan orang di masa pandemi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

"Kota Yogyakarta sudah masuk level dua dan banyak aktivitas yang sudah mulai dijalankan termasuk pariwisata. Tentunya, perlu dilakukan upaya agar kegiatan tersebut tetap berjalan namun kesehatan masyarakat juga terjaga," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: