Pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto Dikaji Ulang, Pemkab Kulonprogo: Yang Penting Bisa Bermanfaat

Budi Utomo · Senin, 15 Maret 2021 - 14:42:00 WIB
Pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto Dikaji Ulang, Pemkab Kulonprogo: Yang Penting Bisa Bermanfaat
Seorang pengunjung menikmati keindahan Pelabuhan Tanjung Adikarta. (foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo mengapresiasi rencana pemerintah pusat mengkaji ulang pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto yang ada di muara Sungai Serang, Karangwuni, Wates. Pemkab akan menyerahkan seluruhnya kebijakan kepada pemerintah agar pelabuhan yang sudah dibangun sejak 2003 ini bisa bermanfaat. 

“Mau dibangun break water dulu atau pengerukan sedimentasi kami serahkan ke pemerintah. Yang penting pelabuhan ini bisa bermanfaat,” kata Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana, Senin (15/3/2021). 

Menurut Fajar, investasi yang tertanam dalam pelabuhan ini sudah cukup besar. Hanya saja pelabuhan ini belum bisa dimanfaatkan karena terkendala tingginya gelombang dan laju sedimentasi yang tinggi. Untuk itulah revitalisasi ini sangat diperlukan agar perahu-perahu nelayan bisa masuk dan bersandar. 

“Kalau perahu-perahu kecil sudah masuk ini akan berkembang. Bahkan ada potensi untuk ekspor ikan karena dekat dengan Bandara YIA,” katanya. 

Sementara itu Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati mengatakan, kondisi alam laut selatan DIY berbeda dengan laut selatan lainnya. Masalah di pelabuhan pada sisi sedimentasi dan breakwater yang harus dikaji agar tepat.

“Siapapun yang akan mengkaji harus hati-hati karena kondisi gelombang selatan tinggi dan berbeda,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2