Pemda DIY Diminta Prioritaskan Vaksinasi Warga Binaan

Antara ยท Rabu, 16 Juni 2021 - 23:20:00 WIB
 Pemda DIY Diminta Prioritaskan Vaksinasi Warga Binaan
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto : Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id- Pemda DIY diminta segera memprioritaskan vaksinasi untuk seluruh warga binaan. Ini menyusul kasus penularan Covid-19 di Lapas Narkotika Kelas IIA, Kecamatan Pakem, Sleman.

"Dengan adanya kejadian seperti ini kami minta kepada gubernur (DIY) agar warga binaan bisa diprioritaskan (vaksinasi)," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) DIY Gusti Ayu Putu Suwardani, saat dihubungi di Yogyakarta, Rabu (16/6/2021).

Tanpa vaksinasi, ia khawatir penularan Covid-19 yang cukup cepat terhadap ratusan warga binaan di Lapas Narkotika Yogyakarta kembali terulang atau terjadi di sejumlah lapas lain di DIY.

"Mereka (warga binaan) sangat rentan sekali, kalau sudah satu terkena, cepat sekali. Dalam waktu tiga hari (penularan) bisa beratus-ratus persen penyebarannya," kata dia.

Ia menyebutkan total warga binaan penghuni empat lembaga pemasyarakatan (lapas), empat rumah tahanan (rutan), dan lembaga pembinaan khusus anak di DIY mencapai 1.789 orang. Seluruhnya belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

"Satu pun belum (mendapatkan vaksin) karena dinggap bukan prioritas," kata dia.

Ayu mengatakan telah menyampaikan permohonan vaksinasi warga binaan kepada Pemda DIY dengan harapan dapat terlaksana tahun ini.

"(Permohonan) disetujui pak sekda, tetapi diserahkan kepada kabupaten masing-masing dan saya memerintahkan teman-teman UPT (unit pelaksana teknis) berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat," kata dia.

Sebanyak 275 orang di Lapas Narkotika Yogyakarta terkonfirmasi positif Covid-19 pada 14 Juni 2021. Penularan itu disebutkan bersumber dari seorang petugas lapas.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2