Pemda DIY Diminta Siapkan Anggaran Percepatan Vaksinasi

Ainun Najib · Jumat, 27 Agustus 2021 - 19:54:00 WIB
Pemda DIY Diminta Siapkan Anggaran Percepatan Vaksinasi
Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemda DIY didesak segera menyiapkan anggaran untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Anggaran ini diperlukan agar vaksinasi bisa sesuai target.

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana di Yogyakarta mengatakan Pemda DIY maupun kabupaten/kota sangat perlu menganggarkan operasional vaksinasi dalam perubahan anggaran ini secepatnya. 

"Anggaran percepatan vaksinasi diperlukan agar vaksinasi yang menyasar 2,8 juta penduduk DIY bisa selesai sesuai target pada akhir Oktober 2021," katanya dalam siaran pers Jumat (27/8/2021).

Menurut Huda, saat ini saat ini vaksinasi harian rata-rata 34.000 orang per hari yang dilakukan secara gotong royong oleh berbagai pihak. Mulai dari pemerintah daerah, TNI Polri , pengusaha, relawan, LSM, dan lainnya. 

"Vaksinasi massal diselenggarakan di berbagai tempat, tapi rata-rata di  area perkotaan yang mudah akses dan pembiayaannya," Kata Huda.
 
Masalah utama dari vaksinasi ini adalah kurangnya anggaran operasional, sehingga perlu menggandeng pengusaha atau sponsor yang bisa membiayai penyelenggaraan. 

Menurut Huda saat ini pemerintah berkepentingan untuk pemerataan vaksinasi ke pelosok pelosok secepatnya, sehingga persebarannya merata mengejar target akhir Oktober.

"Terkait hal tersebut Pemda DIY maupun kabupaten kota sangat perlu menganggarkan operasional vaksinasi dalam perubahan anggaran ini secepatnya dan secukupnya," kata Huda. 

Menurut Huda, DPRD DIY memberikan apresiasi dan menghargai dedikasi dan gotong royong berbagai pihak seperti yang sudah berlangsung saat ini. "Tetapi percepatan dan pemerataan butuh dukungan anggaran yang cukup," ujarnya. 

Besaran anggaran penyelenggaraan vaksinasi massal per orang perlu Rp35.000 untuk sekali suntik sehingga perlu Rp70.000 untuk vaksin pertama dan kedua. Jika diselenggarakan melalui fasilitas kesehatan atau sentra vaksin bisa diefisiensi menjadi Rp15.000 untuk sekali suntik atau Rp30.000 untuk dua kali vaksin.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: