Pemerintah Bangun Studio Pengembangan Batik di Yogyakarta

Antara ยท Rabu, 19 Mei 2021 - 15:23:00 WIB
 Pemerintah Bangun Studio Pengembangan Batik di Yogyakarta
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mencoba proses membatik dengan canting di Balai Besar Kerajinan Batik (BBKB), Yogyakarta, Rabu (19/5/2021). (Foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Kementerian Perindustrian membangun studio pengembangan industri batik Indonesia di Balai Besar Kerajinan Batik (BBKB), Yogyakarta. Studio ini diresmikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita Rabu (19/5/2021).

"Ini merupakan pelayanan bagi masyarakat agar supaya budaya batik yang merupakan budaya asli Indonesia bisa tetap terjaga dan juga bisa tumbuh di rumah sendiri," kata Agus seusai peresmian di Kantor BBKB, Yogyakarta.

Melalui studio itu, menurut dia, Kemenperin dapat memberikan layanan pelatihan bagi para calon pembatik di seluruh penjuru nusantara meski di tengah situasi pandemi.

"Sekarang sedang pandemi, tapi kita tidak kalah dengan pandemi, tetap semangat kita melaksanakan apa yang disebut dengan learning center," kata dia.

Selama setahun berjalan, ia mengklaim hampir 11.000 peserta dari berbagai daerah mengikuti program pelatihan pengembangan batik.

Kemenperin memberikan pendidikan mengenai cara menjadi pembatik yang baik, memberikan asistensi, mendukung, dan membantu agar produk-produk batik bisa mendapatkan sertifikasi SNI.

"Sertifikasi SNI ini menjadi sangat penting karena memang tujuan SNI ini meningkatkan kualitas dari produk batik," ujar Agus.

Selain ditemukan banyak kreasi batik yang menarik, menurut dia, di BBKB juga tercipta sejumlah teknologi canggih yang bertujuan memudahkan perajin batik berproduksi secara lebih efisien.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2