Pemkab Sleman Kaji Operasional Otoped di Kawasan Wisata

erfan erlin ยท Minggu, 24 Juli 2022 - 13:21:00 WIB
Pemkab Sleman Kaji Operasional Otoped di Kawasan Wisata
Sejumlah wisatawan di Kaliurang menggunakan otoped. (foto: MPI/ERfan Erlin)

SLEMAN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman kini tengah mengkaji operasional otoped atau skuter listrik di kawasan wisata. Kendaraan ini cukup marak di beberapa objek wisata

Salah satu lokasi yang kini banyak ditemui otoped adalah di kawasan Objek wisata Kaliurang dan Tlogo Putri. Wisatawan bisa menikmati sensasi menggunakan otoped di kawasan Tlogo Putri, Kalurahan Hargobinangun, Kapanewon Pakem.

Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Dinas Perhubungan Sleman Marjana mengatakan, kemungkinan nanti akan ada peraturan bupati yang mengatur otoped di lokasi wisata. Saat ini aturan jalur otoped di Kaliurang masih terus digodok bersama dengan Dinas Pariwisata Sleman. 

"Peraturan Bupati ini nanti akan mengatur jalur-jalur otoped dan sekarang masih terus digodok," kata dia, Minggu (24/7/2022). 

Menurutnya, kebijakan penataan jalur otoped ini dilaksanakan bersama lintas struktural. Jalan Kaliurang hingga ke kawasan Tlogoputri statusnya merupakan jalan provinsi yang kewenangannya ada di Pemda DIY. 

Menurutnya, penyusunan aturan ini agar pengelola bisa ikut membantu menciptakan ketertiban dan keselamatan berlalu-lintas bagi wisatawan di lokasi wisata. Serta tidak bersinggungan dengan pengguna jalan lain.

"Yang jelas, otoped jangan sampai mengganggu kendaraan lalu lintas kendaaan yang lain," kata Marjana.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: